PENGARUH LABELISASI HALAL, RELIGIUSITAS DAN KEAMANAN PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN MASYARAKAT MUSLIM DI KOTA PALOPO (Studi Kasus: Produk Makanan dan Minuman Impor)

RAMADANI, FITRA (2024) PENGARUH LABELISASI HALAL, RELIGIUSITAS DAN KEAMANAN PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN MASYARAKAT MUSLIM DI KOTA PALOPO (Studi Kasus: Produk Makanan dan Minuman Impor). Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of REPO.PDF] Text
REPO.PDF

Download (3MB)
[thumbnail of PUSTAKA.pdf] Text
PUSTAKA.pdf

Download (320kB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (386kB)

Abstract

ABSTRAK
Fitra Ramadani, 2024: “Pengaruh Labelisasi Halal, Religiusitas dan Keamanan
Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Masyarakat
Muslim Kota Palopo (Studi Kasus Makanan dan Minuman
Impor)”. Skripsi. Program Studi Ekonomi Syariah Fakultas
Ekonomi dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri Palopo.
Dibimbing oleh Ahmad Syarief Iskandar.
Penelitian ini membahas tentang pengaruh labelisasi halal, religiusitas dan
keamanan produk terhadap keputusan pembelian konsumen masyarakat muslim di
Kota Palopo (studi kasus makanan dan minuman impor). Tujuan penelitian ini
untuk mengetahui pengaruh labelisasi halal, religiusitas dan keamanan produk
terhadap keputusan pembelian konsumen masyarakat muslim di Kota Palopo pada
makanan dan minuman impor. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian
kuantitatif. Jumlah sampel yang digunakan sebanyak 100 responden. Teknik
pengumpulan data dengan menyebarkan kuesioner melalui google form. Teknik
analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan Structural
Equation Modeling (SEM) dengan menggunakan bantuan SmartPLS 4.0 untuk
bisa memecahkan rumusan masalah dan hipotesis yang telah dirumuskan dalam
penelitian ini.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) labelisasi halal berpengaruh
positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen masyarakat
muslim di Kota Palopo; 2) religiusitas tidak berpengaruh signifikan terhadap
keputusan pembelian konsumen masyarakat muslim di Kota Palopo; 3) keamanan
produk tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen
masyarakat muslim di Kota Palopo. Nilai Adjust R Square pada penelitian ini
adalah 0,815. Hal ini berarti 81,5% variabel keputusan pembelian produk
makanan dan minuman impor pada masyarakat muslim di Kota Palopo dapat
dijelaskan oleh variabel labelisasi halal, religiusitas dan keamanan produk.
Sedangkan sisanya dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam
penelitian ini.
Kata Kunci: Keamanan Produk, Keputusan Pembelian, Labelisasi Halal,
Religiusitas.
xxiii
ABSTRACT
Fitra Ramadani, 2024: "The Effect of Halal Labeling, Religiosity and Product
Safety on Consumer Purchasing Decisions of Palopo City Muslim
Community (Case Study of Imported Food and Beverages)".
Thesis. Sharia Economics Study Program, Faculty of Islamic
Economics and Business, Palopo State Islamic Institute. Guided
by Ahmad Syarief Iskandar.
This thesis discusses the influence of halal labeling, religiosity and product
safety on purchasing decisions of Muslim consumers in Palopo City (case study of
imported food and drinks). The aim of this research is to determine the influence
of halal labeling, religiosity and product safety on purchasing decisions of Muslim
consumers in Palopo City regarding imported food and drinks. The type of
research used is quantitative qualitative research. The number of samples used
was 100 respondents. The data collection technique is by distributing
questionnaires via Google Form. The data analysis technique used in this research
uses Structural Equation Modeling (SEM) using SmartPLS 4.0 to be able to solve
the problem formulation and hypotheses that have been formulated in this
research.
The research results show that 1) halal labeling has a positive and
significant effect on purchasing decisions of Muslim consumers in Palopo City; 2)
religiosity does not have a significant effect on purchasing decisions of Muslim
consumers in Palopo City; 3) product safety does not have a significant effect on
purchasing decisions of Muslim consumers in Palopo City. The Adjust R Square
value in this research is 0.815. This means that 81.5% of the decision variables to
purchase imported food and beverage products among Muslim communities in
Palopo City can be explained by the variables of halal labeling, religiosity and
product safety. Meanwhile, the rest is explained by other variables not included in
this study.
Keywords: Product Safety, Purchasing Decisions, Halal Labeling, Religiosity.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Agama > 2X6.3 Ekonomi Islam, Sistem Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi Bisnis Islam > Program Studi S-1 Ekonomi Syariah
Depositing User: Unnamed user with email musdalipa834@gmail.com
Date Deposited: 16 Jul 2024 03:25
Last Modified: 16 Jul 2024 03:25
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/9062

Actions (login required)

View Item View Item