PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS APLIKASI CANVA PADA PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MTSN 3 LUWU

HASMIRA, HASMIRA (2024) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS APLIKASI CANVA PADA PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MTSN 3 LUWU. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of REPO.pdf] Text
REPO.pdf

Download (8MB)
[thumbnail of PUSTAKA.pdf] Text
PUSTAKA.pdf

Download (426kB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (408kB)

Abstract

ABSTRAK
Hasmira, 2024. ’’Pengembangan Bahan ajar Berbasis Aplikasi Canva pada
Pembelajaran Akidah akhlak di MTsN 3 Luwu. ”Skripsi
Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan
Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Palopo.
Dibimbing oleh (1) Dr. hasbi, M. Ag, (2) Dr. Hj. Fauziah
Zainuddin, M.Ag
Skripsi ini membahas tentang Pengembangan Bahan Ajar Berbasis
Aplikasi Canva Pada Pembelajaran Akidah akhlak Materi Iman Kepada Hari
Akhir di kelas IX Sekolah Madrasah Tsanawiyah Negeri 3 Luwu, penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui gambaran prosedur Pengembangan Bahan ajar
Akidah akhlak memenuhi valid dan praktis
Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan untuk menghasilkan
produk modul pada pembelajaran Akidah akhlak materi iman kepada hari akhir
Peneliti menggunakan model ADDIE dengan singkatan lima tahap pengembangan
yaitu: (1) Tahap Analisis, (2) Tahap Desain, (3) Tahap Pengembangan, (4) Tahap
Implementasi, (5) Tahap Evaluasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa modul pembelajaran Akidah
akhlak memenuhi kriteria sangat valid untuk digunakan dalam pembelajaran
Akidah akhlak, pada modul ini telah dicantumkan beberapa halaman yaitu:
halaman sampul, kata pengantar, daftar isi, glosarium, halaman KD dan KI,
halaman materi, halaman contoh soal, kisah teladan, panduan penggunaan bahan
ajar, peta konsep, tujuan pembelajaran, daftar pustaka dan sampul belakang.
Penelitian ini dilakukan di MTsN 3 Luwu. 1) Hasil uji kelayakan dari para
validator memperoleh 67,3% oleh ahli media, 77,0% oleh ahli materi/isi, 95,4%
oleh ahli bahasa. 2) Uji Praktikalitas melalui respons peserta didik terhadap modul
pembelajaran akidah akhlak memperoleh presentase 84,2%. Sehingga berdasarkan
hasil uji kelayakan dan uji praktikalitas tersebut, dapat disimpulkan bahwa modul
pembelajaran akidah akhlak di kelas IX MTsN 3 Luwu sangat layak digunakan
dalam proses pembelajaran
Kata Kunci : Modul Ajar, Akidah Akhlak, Aplikasi Canva
xxii
ABSTRACT
Hasmira, 2024. '' Development of teaching materials based on the Canva
application for learning moral beliefs at MTsN 3 Luwu. ”
Thesis of the Islamic Religious Education Study Program,
Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, Palopo State
Islamic Institute. Supervised by (1) Dr. Hasbi, M. Ag, (2) Dr.
Hj. Fauziah Zainuddin, M.Ag
This thesis discusses the development of teaching materials based on the
Canva application for learning moral creeds, material on faith for the end of the
world in class IX at Madrasah Tsanawiyah Negeri 3 Luwu. This research aims to
find out an overview of the procedures for developing moral creed teaching
materials that meet validity and practicality.
This type of research is development research to produce module products
for learning Aqidah, morals, material about faith in the end of days. Researchers
use the ADDIE model with the abbreviation five stages of development, namely:
(1)
Analysis Stage, (2) Design Stage, (3) Development Stage, (4) )
Implementation Stage, (5) Evaluation Stage.
The results of this research show that the moral Aqidah learning module
meets the very valid criteria for use in moral Aqidah learning. Several pages have
been included in this module, namely: cover page, foreword, table of contents,
glossary, KD and KI pages, materials page, example page questions, exemplary
stories, guides for using teaching materials, concept maps, learning objectives,
bibliography and back cover. This research was conducted at MTsN 3 Luwu. 1)
The results of the feasibility test from the validators were obtained 67.3% by
media experts, 77.0% by material/content experts, 95.4% by language experts. 2)
Practicality test through student responses to the moral belief learning module
obtained a percentage of 84.2%. So based on the results of the feasibility test and
practicality test, it can be concluded that the moral belief learning module in class
IX MTsN 3 Luwu is very suitable for use in the learning process
Keywords : Teaching Module, Moral Creed, Canva Application

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Agama > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Sekolah Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email musdalipa834@gmail.com
Date Deposited: 17 Jul 2024 05:53
Last Modified: 17 Jul 2024 05:53
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/9076

Actions (login required)

View Item View Item