PENGEMBANGAN E-MODUL MENGGUNAKAN CANVA MATERI ASMAUL HUSNA DI KELAS VII MADRASAH TSANAWIYAH SATU ATAP DATOK SULAIMAN PALOPO

PALUPI, VARA ISNANI (2024) PENGEMBANGAN E-MODUL MENGGUNAKAN CANVA MATERI ASMAUL HUSNA DI KELAS VII MADRASAH TSANAWIYAH SATU ATAP DATOK SULAIMAN PALOPO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of REPO.pdf] Text
REPO.pdf

Download (6MB)
[thumbnail of PUSTAKA.pdf] Text
PUSTAKA.pdf

Download (450kB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (225kB)

Abstract

ABSTRAK
Vara Isnani Palupi, 2024."Pengembangan E-Modul Menggunakan Canva Materi
Asmaul Husna Di Kelas VII Madrasah Tsanawiyah Satu Atap Datok
Sulaiman Palopo". Skripsi Program Studi Pendidikan Agama Islam
Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri
Palopo. Dibimbing oleh: Hj. St. Marwiyah, dan Abdul Rahim Karim.
Skripsi ini membahas tentang pengembangan e-modul menggunakan
canva materi asmaul husna di kelas VII madrasah tsanwiyah satu atap datok
sulaiman palopo. Penelitian ini bertujuan 1) untuk Mengetahui Langkah-langkah
pengembangan e-modul kelas VII A di Madrasah Tsanawiyah Satu Atap Datok
Sulaiman Palopo, 2) untuk mengetahui hasil uji validitas e-Modul materi asmaul
husna di kelas VII Madrasah Tsanawiyah Satu Atap Datok Sulaiman Palopo 3)
untuk mengetahui respon peserta didik terhadap penggunaan e-modul pada materi
asmaul husna di Madrasah Tsanawiyah Satu Atap Datok Sulaiman Palopo.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian R&D (Research and
Development). Peneliti menggunakan model pengembangan ADDIE dengan lima
tahap pengembangan yaitu tahap analysis (analisis), design (desain), development
(pengembangan), implementation (implementasi) dan evaluation (evaluasi).
Penelitian ini dilakukan di MTs Satu Atap Datok Sulaiman Palopo. Subjek dalam
penelitian ini adalah pesrta didik kelas VII A tahun ajaran 2023. Teknik
pengumpulan data dalam penelitian ini adalah lembar validasi untuk ahli media,
lembar validasi untuk ahli materi dan lembar angket respon peserta didik. Adapun
teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif dan
deskriptif kuantitatif.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa e-modul menggunakan canva
materi asmaul husna yang dikembangkan sesuai dengan kebutuhan peserta didik.
Hasil validasi e-modul menggunakan canva materi asmaul husna yaitu validasi
ahli media memperoleh persentase 77% dengan kriteria layak dan hasil validasi
ahli materi memperoleh persentase 90% dengan kriteria sangat layak. Untuk
respon peserta didik memperoleh 88% dengan kategori sangat tertarik. Maka, e
modul menggunakan canva materi asmaul husna layak digunakan dalam proses
pembelajaran.
Kata Kunci: Asmaul Husna, Canva, E-Modul.
xxiii
ABSTRACT
Vara Isnani Palupi, 2024. "Development of an E-Module Using Canva Asmaul
Husna Material to Increase Students' Interest in Learning in Class VII of
Datok Sulaiman Palopo One-Roof Tsanawiyah Madrasah". Thesis of the
Islamic Religious Education Study Program, Faculty of Tarbiyah and
Teacher Training, Palopo State Islamic Institute. Supervised by: Hj. St.
Marwiyah, and Abdul Rahim Karim.
This thesis discusses the development of an E-Module using Canva
Asmaul Husna material to increase students' interest in learning in class VII of
Datok Sulaiman Palopo's One Roof Tsanwiyah Madrasah. This research aims 1)
to find out the steps for developing the Class VII A E-Module at the One Roof
Madrasah Tsanawiyah Datok Sulaiman Palopo, 2) To find out the learning
outcomes and interests of students before and after using the Class VII A E
Module 3) To find out Validity of the Asmaul Husna Material E-Module for Class
VII A at the Datok Sulaiman Palopo One Roof Tsanawiyah Madrasah.
This research uses R&D (Research and Development) research.
Researchers use the ADDIE development model with five development stages,
namely the analysis, design, development, implementation and evaluation stages.
This research was conducted at MTs Satu Atap Datok Sulaiman Palopo. The
subjects in this research were students in class VII A for the 2023 academic year.
The data collection techniques in this research were validation sheets for media
experts, validation sheets for material experts and student response questionnaire
sheets. The data analysis techniques used are qualitative descriptive analysis and
quantitative descriptive analysis.
The results of this research show that the e-module uses Canva Asmaul
Husna material which was developed according to the needs of students. The
results of e-module validation using Canva Asmaul Husna material, namely media
expert validation obtained a percentage of 77% with feasible criteria and material
expert validation results obtained a percentage of 90% with very feasible criteria.
The student response was 88% in the very interested category. So, e-modules
using Canva Asmaul Husna material are suitable for use in the learning process.
Keywords: Asmaul Husna, Canva, E-Module.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Agama > 297.77 Pendidikan Agama Islam, Sekolah Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email musdalipa834@gmail.com
Date Deposited: 19 Jul 2024 00:40
Last Modified: 19 Jul 2024 00:40
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/9098

Actions (login required)

View Item View Item