KOMPETENSI GURU DALAM PERENCANAAN PEMBELAJARAN DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI SATU ATAP SALU SIMBUANG KECAMATAN WALENRANG BARAT KABUPATEN LUWU

SATRIANA, SATRIANA (2024) KOMPETENSI GURU DALAM PERENCANAAN PEMBELAJARAN DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI SATU ATAP SALU SIMBUANG KECAMATAN WALENRANG BARAT KABUPATEN LUWU. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of REPO.pdf] Text
REPO.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of PUSTAKA.pdf] Text
PUSTAKA.pdf

Download (7kB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (224kB)

Abstract

ABSTRAK
Satriana, 2023. “Kompetensi Guru dalam Perencanaan Pembelajaran di SMPN
Satu Atap Satu Simbuang Kecamatan Walenrang Barat Kabupaten Luwu”.
Skripsi Program Studi Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah
dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Palopo. Dibimbing oleh
Kaharuddin dan Syamsu Sanusi.
Skripsi ini membahas tentang Kompetensi Guru dalam Perencanaan
Pembelajaran di Smpn Satu Atap Satu Simbuang Kecamatan Walenrang Barat
Kabupaten Luwu. Penelitian ini bertujuan mengetahui gambaran kompetensi pada
guru di SMPN Satu Atap Salu Simbuang. dan mengetahui perencanaan
pembelajaran guru di SMPN Satu Atap Salu Simbuang. Serta mengetahui upaya
peningkatan kompetensi guru dalam perencanaan pembelajaran di SMPN
Satu Atap Salu Simbuang.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Teknik
pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi.
Teknik analisis data dilakukan melalui tiga langkah yaitu reduksi data terhadap
instansi yang berkaitan dengan penelitian penulis, display data atau penyajian data
hasil penelitian, sehingga ditarik kesimpulan yang menjawab permasalahan dari
penelitian ini.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa gambaran kompetensi dasar
guru di SMPN Satu Atap Salu Simbuang adalah kompetensi profesional, sosial,
pedagogik, dan kepribadian. Perencanaan pembelajaran guru di SMPN Satu Atap
Salu Simbuang adalah guru merancang perangkat pembelajaran
melalui
Rancangan perangakat pembelajaran berupa Rencana Pelakanaan Pembelajaran
(RPP), rancangan pembelajaran tidak terlepas dari sumber materi yang akan
digunakan oleh guru dalam proses pembelajaran, mengenai materi pembelajaran,
dalam penyusunannya menggunakan satu sumber buku atau acuan materi yang
digunakan dari buku paket. Upaya Peningkatan Kompotensi Guru dalam
Perencanaan Pembelajaran di SMPN Satu Atap Salu Simbuang adalah usaha yang
dilakukan untuk mencapai tujuan yang diharapkan yaitu dengan mengikut
sertakan guru dalam (MGMP) dan pelatihan peningkatan kompotensi guru.
Kata kunci : Kompetensi guru, perencanaan pembelajaran
xix
ABSTRACT
Satriana, 2023: "Teacher Competence in Lesson Planning at SMPN Satu Atap
Satu Simbuang, Walenrang Barat District, Luwu Regency, 2023." Thesis
for the Islamic Education Management Program, Faculty of Tarbiyah and
Teacher Training, State Islamic Institute of Palopo. Supervised by
Kaharuddin and Syamsu Sanusi.
This thesis explores the competence of teachers in lesson planning at
SMPN Satu Atap Satu Simbuang, Walenrang Barat District, Luwu Regency. The
research aims to understand the overview of teacher competence at SMPN Satu
Atap Salu Simbuang, identify the lesson planning of teachers at SMPN Satu Atap
Salu Simbuang, and determine the efforts to enhance teacher competence in lesson
planning at SMPN Satu Atap Salu Simbuang.
The research employs a qualitative approach, collecting data through
interviews, observations, and documentation. Data analysis involves three steps:
data reduction related to traffic violation instances, data display or presentation of
research findings, and drawing conclusions that address the research questions.
The results indicate that the basic competence of teachers at SMPN
Satu Atap Salu Simbuang includes is, encompassing professional and social
competence, pedagogical competence, and personality. The lesson planning of
teachers at SMPN Satu Atap Salu Simbuang involves designing instructional tools
through Lesson Implementation Plans (RPP). Teachers create lesson materials,
relying on a single source or reference material from textbooks in the development
process. Teachers design various teaching methods, such as discussion, discovery,
lectures, question-answer sessions, demonstrations, and more. Efforts to improve
teacher competence in lesson planning at SMPN Satu Atap Salu Simbuang
include participation in subject-specific teacher meetings (MGMP) and training
programs. Therefore, teachers must continually enhance their quality over time to
achieve the desired goals.
Keywords: Teacher competence, lesson planning.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Agama > 297.77 Pendidikan Agama Islam, Sekolah Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Unnamed user with email musdalipa834@gmail.com
Date Deposited: 19 Jul 2024 02:45
Last Modified: 19 Jul 2024 02:45
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/9107

Actions (login required)

View Item View Item