PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBANTUAN POWTOON UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS IX PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DI SMPN 3 PALOPO

PUPUT, PUPUT (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBANTUAN POWTOON UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS IX PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DI SMPN 3 PALOPO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of REPO.PDF] Text
REPO.PDF

Download (7MB)
[thumbnail of PUSTAKA.pdf] Text
PUSTAKA.pdf

Download (124kB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (124kB)

Abstract

ABSTRAK
Puput, 2024. Pengembangan Media Pembelajaran Berbantuan Powtoon Untuk
Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik Kelas IX Pada Mata Pelajaran
Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Di SMPN 3 Palopo. Skripsi
Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu
Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo. Dibimbing oleh
Mawardi dan Nur Fakhrunnisaa.
Skripsi ini membahas tentang pengembangan media pembelajaran
berbantuan powtoon untuk meningkatkan minat belajar peserta didik kelas IX
pada mata pelajaran pendidikan agama Islam dan budi pekerti materi ibadah haji
dan umrah di SMPN 3 Palopo. Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk
mengetahui tahap pengembangan media pembelajaran, validitas media
pembelajaran, praktikalitas media pembelajaran, dan tingkat minat belajar peserta
didik menggunakan media pembelajaran berbantuan powtoon pada materi ibadah
haji dan umrah kelas IX SMPN 3 Palopo.
Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development
(R&D), dengan model pengembangan ADDIE (analysis, design, development,
implementasion dan evaluation). Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas
IX.B SMPN 3 Palopo tahun ajaran 2023/2024. Instrumen yang digunakan yaitu
lembar angket uji validasi untuk ahli media, ahli materi, angket praktikalitas dan
angket minat belajar untuk peserta didik. Adapun teknik analisis yang digunakan
yaitu teknik analisis kualitatif dan kuantitatif.
Hasil peneltian yang telah dilakukan yaitu pada perolehan validasi ahli
media dan ahli materi diperoleh nilai rata-rata keduanya yaitu 90% dengan
kategori “sangat valid”. Hasil praktikalitas oleh guru dan peserta didik diperoleh
nilai rata-rata keduanya yaitu 91% dengan kategori “sangat praktis”. Kemudian
hasil angket untuk mengetahui tingkat minat belajar peserta didik sebesar 84,3%
dengan kategori “sangat baik”. Sehingga hasil tersebut menunjukkan bahwa
media pembelajaran berbantuan powtoon pada mata pelajaran pendidikan agama
Islam dan budi pekerti materi ibadah haji dan umrah yang telah dikembangkan
layak dan mampu untuk meningkatkan minat belajar peserta didik.
Kata Kunci: Media Pembelajaran, Minat Belajar, Pendidikan Agama Islam,
Powtoon.
xxv
ABSTRACT
Puput, 2024. Development of Powtoon-Assisted Learning Media to Increase
Class IX Students' Interest in Learning in Islamic Religious Education and
Character Subjects at SMP Negeri 3 Palopo. Thesis of Islamic Religious
Education Study Program, Faculty of Tarbiyah and Teacher Training,
State Islamic Institute (IAIN) Palopo. Guided by Mawardi and Nur
Fakhrunnisaa.
This research discusses the development of powtoon assisted learning
media to increase the learning interest of class IX students in Islamic religious
education and morals materials on the Hajj and Umrah at SMPN 3 Palopo. The
research carried out aims to determine the stage of learning media development,
the validity of the media, the practicality of learning media and the level of
interest in learning of students using Powtoon-assisted learning media in class IX
Hajj and Umrah materials at SMPN 3 Palopo.
The type of research used is Research and Development (R&D), with the
ADDIE development model (analysis, design, development, implementation and
evaluation). The subjects of this research were students in class IX.B of SMPN 3
Palopo for the 2023/2024 academic year. The instruments used are validation test
questionnaires for media experts, material experts, practicality questionnaires
and learning interest questionnaires for students. The analysis techniques used
are qualitative and quantitative analysis techniques.
The results of the research that has been carried out are in obtaining
validation from media experts and material experts, the average score for both is
90% in the "very valid" category. The results of practicality by teachers and
students obtained an average score for both, namely 91% in the "very practical"
category. Then the results of the questionnaire to determine the level of student
interest in learning were 84.3% in the "very good" category. So these results show
that the learning media assisted by Powtoon in Islamic religious education
subjects, the Hajj and Umrah material that has been developed, is feasible and
capable of increasing students' interest in learning.
Keyword: Learning Interest, Learning Media, Islamic Religious Education,
Powtoon

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Agama > 297.77 Pendidikan Agama Islam, Sekolah Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Unnamed user with email musdalipa834@gmail.com
Date Deposited: 22 Jul 2024 03:44
Last Modified: 22 Jul 2024 03:44
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/9119

Actions (login required)

View Item View Item