PERILAKU KEAGAMAAN PEDAGANG DI PASAR TRADISIONAL KOTA PALOPO

NURAZIZAH, NURAZIZAH (2024) PERILAKU KEAGAMAAN PEDAGANG DI PASAR TRADISIONAL KOTA PALOPO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of REPO.PDF] Text
REPO.PDF

Download (6MB)
[thumbnail of PUSTAKA.pdf] Text
PUSTAKA.pdf

Download (405kB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (290kB)

Abstract

ABSTRAK
Nurazizah, 2024. “Perilaku Keagamaan Pedagang di Pasar Tradisional Kota
Palopo”. Skripsi Program Studi Sosiologi Agama Fakultas
Ushuluddin, Adab, dan Dakwah Institut Agama Islam Negeri
Palopo. Dibimbing oleh Baso Hasyim dan Muhammad Ashabul
Kahfi.
Skripsi ini membahas tentang Perilaku Keagamaan Pedagang di Pasar Tradisional
Kota Palopo. Penelitian ini bertujuan: 1) untuk mengetahui dan memahami
pedagang dalam memaknai agamanya; 2) untuk mengetahui dan memahami sikap
sosial pedagang dalam mengimplementasikan nilai-nilai agama di sekitarnya.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan
fenomenologi. Penelitian ini menggunakan teori tindakan sosial yang
dikemukakan oleh Max Weber. Penelitian ini berlokasi di kota Palopo, khususnya
di pasar tradisional yakni pasar Sentral kota Palopo dan pasar Andi Tadda kota
Palopo. Informan pada penelitian ini berjumlah 45 orang. Sumber data penelitian
ini diperoleh dari data primer dan data sekunder. Data penelitian ini diperoleh
melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang
digunakan dalam penelitian ini yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian
data, dan verifikasi atau penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan
bahwa: 1) Pedagang dalam memaknai agamanya sangatlah wajib dan penting. Di
mana, sebagian besar pedagang yang ada di pasar masih melaksanakan salat.
Namun, tidak dapat dipungkiri bahwa ada sebagian pedagang yang tepat waktu
melaksanakan salat, adapula pedagang yang tidak tepat waktu dalam
melaksanakan salat, karena melayani pembeli terlebih dahulu; 2) Sikap sosial
pedagang dalam mengimplementasikan nilai-nilai agama di sekitarnya ada tiga,
yaitu jujur, ramah, dan sedekah. Hal yang paling utama pedagang harus terapkan
dalam berdagang ialah bersikap jujur kepada pembeli, karena kejujuran
merupakan modal utama bagi seorang pedagang. Namun, masih ada juga
pedagang yang tidak jujur dalam berdagang karena ingin mendapatkan
keuntungan.
Kata Kunci: Perilaku Keagamaan, Pedagang, Pasar Tradisional.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 600 Teknologi, Ilmu Terapan > 630 Usaha Tani, Pertanian
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Program Studi S-1 Sosiologi Agama
Depositing User: Unnamed user with email musdalipa834@gmail.com
Date Deposited: 22 Jul 2024 05:10
Last Modified: 22 Jul 2024 05:10
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/9123

Actions (login required)

View Item View Item