MANAJEMEN SARANA DAN PRASARANA PENDIDIKAN KAITANNYA DENGAN KREATIVITAS SISWA DI PONDOK PESANTREN MODERN PALOPO

PATMAWATI, PATMAWATI (2024) MANAJEMEN SARANA DAN PRASARANA PENDIDIKAN KAITANNYA DENGAN KREATIVITAS SISWA DI PONDOK PESANTREN MODERN PALOPO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of REPO.PDF] Text
REPO.PDF

Download (2MB)
[thumbnail of PUSTAKA.pdf] Text
PUSTAKA.pdf

Download (56kB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (116kB)

Abstract

ABSTRAK
Patmawati, 2024. “Manajemen Sarana Dan Prasarana Pendidikan
kaitannya dengan Kreativitas Siswa di Pondok Pesantren Modern
Kota Palopo”. Skripsi Program Studi Manajemen Pendidikan
Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam
Negeri Palopo. Dibimbing oleh Tasdin Tahrim dan Firman
Patawari.
Sarana dan prasarana yang baik perlu adanya pengelolaan yang
maksimal penggunaannya dan sesuai dengan standar yang ada dalam
meningkatkan kreativitas siswa. Karena salah satu indikator yang dijadikan
tolak ukur untuk mengetahui kreativitas siswa di sekolah tersebut adalah dapat
dilihat dari kelengkapan dan pengelolaan sarana dan prasarana yang
maksimal. Dengan demikian, tujuan dari penelitian ini adalah untuk
mengetahui: 1). Kondisi obyektif sarana dan prasarana di sekolah Pesantren
Modern Kota Palopo 2). Manajemen sarana dan prasarana pendidikan di
sekolah menengah atas sekolah Pesantren Modern Kota Palopo 3).
Pelaksanaan manajemen sarana dan prasarana pendidikan dalam
meningkatkan kreativitas siswa di sekolah Pesantren Modern Kota Palopo dan
nantinya hasil penelitian ini dapat digeneralisasikan ke sekolah lain.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang diuraikan dalam
bentuk kata-kata. Sumber data yang diperoleh dari observasi, wawancara, dan
dokumentasi. Sedangkan langkah-langkah yang digunakan peneliti untuk
proses analisis data adalah dengan cara: menggolongkan data, menyajikan
data dalam bentuk naratif dan akhirnya data dianalisis kemudian ditarik
kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa di Pondok Pesantren Modern
Kota Palopo memiliki sarana dan prasarana yang sudah memadai dengan
kondisi yang sangat baik untuk mendukung proses pembelajaran, terutama
dalam hal kreativitas siswa. Manajemen sarana dan prasarana Pondok
Pesantren Modern Kota Palopo meliputi: perencanaan dan analisis kebutuhan,
pengganggaran, pengadaan, pencatatan, inventarisasi, dan penghapusan.
Pengadaan barang disesuaikan dengan analisis kebutuhan dan anggaran yang
ada. Inventarisasi yang dilakukan dengan mencatat semua sarana dan
prasarana di sekolah ketika ada barang yang rusak di catat dalam buku besar
begitu juga selesai pembelian barang. Pelaksanaan manajemen sarana dan
prasarana dalam meningkatkan kreativitas siswa di kelola dengan baik
sehingga siswa-siswi di sekolah tersebut mampu mengembangkan minat
bakat yang sudah kelihatan ketika di awal masuk sekolah yang disebut dengan
kegiatan fortasi atau yang dikenal dengan MOS (Masa Orientasi Siswa). Hasil
dari kreativitas tersebut salah satunya adalah Kaligrafi.
Kata Kunci: Kreativitas, Manajemen, Prasarana, Sarana.
xxiii
ABSTRACT
Patmawati, 2024. "Management of Educational Facilities and Infrastructure in
relation to Student Creativity in Modern Islamic Boarding Schools in
Palopo City." Thesis of the Islamic Education Management Study Program,
Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, Palopo State Islamic Institute.
Supervised by Tasdin Tahrim and Firman Patawari.
Good facilities and infrastructure need to be managed with maximum use
and in accordance with existing standards to increase student creativity. Because
one of the indicators used as a benchmark to determine student creativity at the
school is the completeness and optimal management of facilities and infrastructure.
Thus, the aim of this research is to find out: 1). Objective conditions of facilities
and infrastructure at the Palopo City Modern Islamic Boarding School 2).
Management of educational facilities and infrastructure in senior secondary
schools, Palopo City Modern Islamic Boarding Schools 3). Implementation of
management of educational facilities and infrastructure in increasing student
creativity at the Palopo City Modern Islamic Boarding School and later the results
of this research can be generalized to other schools.
This type of research is qualitative research which is described in the form
of words. Data sources obtained from observation, interviews and documentation.
Meanwhile, the steps used by researchers for the data analysis process are:
classifying the data, presenting the data in narrative form and finally the data is
analyzed and conclusions are drawn.
The results of this research indicate that the Palopo City Modern Islamic
Boarding School has adequate facilities and infrastructure with very good
conditions to support the learning process, especially in terms of student creativity.
Management of Palopo City Modern Islamic Boarding School facilities and
infrastructure includes: planning and analysis of needs, budgeting, procurement,
recording, inventory and write-off. Procurement of goods is adjusted to the analysis
of existing needs and budget. Inventory is carried out by recording all facilities and
infrastructure in the school when goods are damaged and recorded in the ledger as
well as after purchasing goods. The implementation of facilities and infrastructure
management to increase student creativity is managed well so that students at the
school are able to develop talent interests that are already visible when they first
enter school, which are called fortation activities or what is known as MOS (Student
Orientation Period). One of the results of this creativity is calligraphy.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 600 Teknologi, Ilmu Terapan > 658.07 Pendidikan dan Riset Penelitian Manajemen
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Unnamed user with email musdalipa834@gmail.com
Date Deposited: 22 Jul 2024 06:09
Last Modified: 22 Jul 2024 06:09
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/9130

Actions (login required)

View Item View Item