PERAN SUPERVISI PENDIDIKAN DALAM MENINGKATKAN PROFESIONALISME GURU DI SEKOLAH DASAR NEGERI 30 MATTIROWALIE PALOPO

SALIM, AGUS (2024) PERAN SUPERVISI PENDIDIKAN DALAM MENINGKATKAN PROFESIONALISME GURU DI SEKOLAH DASAR NEGERI 30 MATTIROWALIE PALOPO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri palopo.

[thumbnail of abstract.pdf] Text
abstract.pdf

Download (164kB)
[thumbnail of daftar pustaka.pdf] Text
daftar pustaka.pdf

Download (136kB)
[thumbnail of repositroy.pdf] Text
repositroy.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Agus Salim, 2023. “Peran Supervisi Pendidikan dalam Meningkatkan
Profesionalisme Guru di Sekolah Dasar Negeri 30
Mattirowalie Kota Palopo”. Skripsi Program Studi
Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan
Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Palopo.
Dibimbing oleh Hasbi dan Tasdin Tahrim
Skripsi ini membahas tentang peran supervisi pendidikan dalam
meningkatkan profesionalisme guru di sekolah dasar negeri 30 Mattirowalie Kota
Palopo. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan
supervisi pendidikan dalam meningkatkan profesionalisme guru di sekolah dasar
negeri 30 Mattirowalie palopo, bagaimana gambaran profesionalisme guru di
sekolah dasar negeri 30 Mattirowalie palopo, bagaimana fungsi supervisor
pendidikan dalam rangka meningkatkan profesionalisme guru di sekolah dasar
negeri 30 mattirowalie palopo
Penelitian ini Menggunakan jenis penelitian lapangan dan pendekatan
deskriptif kualitatif. Lokasi penelitian ini di sekolah dasar negeri 30 Mattirowalie
Kota Palopo dan waktu pelaksaan penelitian tahun ajaran 2023. Subjek penelitian
yaitu: Kepala sekolah dan Guru, adapun objek penelitian yaitu kegiatan supervisi
pendidikan. Instrumen penelitian yaitu lembar observasi, pedoman wawancara,
dokumen atau foto. Adapun teknik pengumpulan data melalui observasi,
wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu penyajian data dan
penarikan kesimpulan atau verifikasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Teknik-teknik yang diterapkan
oleh supervisor berjalan dengan baik. (2) Teknik atau metode supervisi
diantaranya adalah teknik individual dan kelompok. (3) Supervisi dilakukan di
awal semester. (4) Meski sudah berjalan baik, namun ada beberapa kendala,
diantaranya adanya guru yang tidak tepat waktu, kurang menguasai bidang
tertentu, serta sarana dan prasarana yang kurang memadai.
Kata Kunci: Supervisi, Kepala Sekolah, Profesionalisme Guru

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Unnamed user with email hajrahikhlas@gmail.com
Date Deposited: 23 Jul 2024 01:50
Last Modified: 23 Jul 2024 01:50
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/9137

Actions (login required)

View Item View Item