ARISSA, ARISSA (2024) I M P L E M E N T A S I M A N A J E M E N P E M B E L A J A R A N PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN SHALAT BERJAMAAH SISWA DI MADRASAH ALIYAH ASSALAM SALU INDUK K A B U PA T E N L U WU. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri palopo.
Text
ABSTRACK.pdf Download (154kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (137kB) |
|
Text
REPOSITORY.PDF Download (4MB) |
Abstract
ABSTRAK
ARISSA, 2024. “Implementasi Manajemen Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam
Meningkatkan Kedisiplinan Shalat Berjamaah Siswa di Madrasah Aliyah Assalam Salu
Induk Kabupaten Luwu”, Skripsi Program Studi Manajemen Pendidikan Islam Fakultas
Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Palopo. Dibimbing oleh Hilal
Mahmud dan Alimuddin.
Skripsi ini membahas tentang Implementasi Manajemen Pembelajaraan Pendidikan Agama
Islam Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Shalat Berjamaah Siswa di Madrasah Aliyah Assalam
Salu Induk Kabupaten Luwu. Penelitian ini bertujuan: untuk mengetahui implementasi manajemen
pembelajaran pendidikan agama Islam dalam meningkatkan kedisiplinan shalat berjamaah siswa di
Madrasah Assalam Salu Induk Kabupaten Luwu, dan untuk mengetahui kedisiplinan shalat
berjamaah di Madrasah Aliyah Assalam Salu Induk Kabupaten Luwu. Jenis penelitian ini
menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk menggambarkan atau
mendeskripsikan situasi atau fenomena, peristiwa, aktivitas sosial secara akurat dan ilmiah
berdasarkan fakta yang ada. Teknik pengumpulan data penelitian ini adalah dengan cara observasi,
wawancara dan dokumentasi. Adapun teknik analisis datanya yaitu dilakukan dengan menganalisa
dan menemukan hasil penelitian secara menyeluruh agar dapat dengan mudah dalam mengambil
kesimpulan hasil penelitian dan teknik pengolahannya menggunakan teknik reduksi data, penyajian
data dan penarikan kesimpulan.
Berdasarkan hasil penelitian ini, implementasi manajemen pembelajaran pendidikan agama
Islam di Madrasah Aliyah Assalam Salu Induk Kabupaten Luwu di dalam penerapannya bukan
hanya terfokus pada guru Pendidikan Agama Islam saja, akan tetapi melibatkan setiap guru yang
berada dalam lingkup Madrasah untuk diberikan pembagian tugas dalam meningkatkan kedisiplinan
shalat berjamaah siswa. Manajemen pembelajaran di Madrasah Aliyah Assalam Salu Induk
Kabupaten Luwu memiliki beberapa tahap yang harus dipersiapkan meliputi tahap perencanaan
pembelajaran, tahap pelaksanaan pembelajaran, dan tahap pelaksanaan penilaian hasil
pembelajaran. Kedisiplinan shalat berjamaah siswa di Madrasah Aliyah Assalam Salu Induk
Kabupaten Luwu bahwa siswa yang tidak dapat disiplinkan akan mendapatkan sanksi atau hukuman
dari guru, supaya ada efek jerah pada peserta didik untuk tidak melanggar peraturan yang dibuat
oleh Madrasah Assalam Salu Induk Kabupaten Luwu.
Kata kunci: Implementasi Manajemen Pembelajaran, Kedisiplinan Shalat Berjamaah.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 600 Teknologi, Ilmu Terapan > 658 Manajemen Umum |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email hajrahikhlas@gmail.com |
Date Deposited: | 23 Jul 2024 02:16 |
Last Modified: | 23 Jul 2024 02:16 |
URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/9142 |
Actions (login required)
View Item |