SABIRIN, MUHAMMAD (2024) STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENCEGAH PAHAM RADIKALISME PADA SANTRI DI SMA PESANTREN MODERN DATOK SULAIMAN PUTRA KOTA PALOPO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri palopo.
Text
ABSTRACT.pdf Download (89kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (108kB) |
|
Text
REPOSITORY.pdf Download (5MB) |
Abstract
ABSTRAK
Aries Pratama, 2023. Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Mencegah
Paham Radikalisme pada Santri di Sekolah Menengah Atas Pesantren
Modern Datok Sulaiman Putra Kota Palopo. “Skripsi Program Studi
Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut
Agama Islam Negeri Palopo”. Dibimbingan oleh: (1) Prof. Dr. Muhaemin,
M. A. dan (2) Dr. H. Syamsu Sanusi, M. Pd., I.
Skripsi ini adalah studi tentang strategi guru Pendidikan Agama Islam
dalam mencegah paham radikalisme pada santri di SMA PMDS Putra Kota
Palopo. Adapun tujuan penelitian : 1) Untuk mengetahui strategi guru Pendidikan
Agama Islam dalam mencegah paham radikalisme pada santri di SMA PMDS
Putra Kota Palopo, 2) Untuk mengetahui dampak penerapan strategi guru dalam
mencegah paham radikalisme pada santri di SMA PMDS Putra Kota Palopo.
Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan jenis penelitian lapangan (field
reaserch) dan pendekatan deskriptif kualitatif. Lokasi penelitian di SMA PMDS
Putra Kota Palopo dan waktu pelaksanaan penelitian dimulai pada tanggal 26
Januari sampai 04 Maret 2024. Subjek penelitian yaitu : Kepala Sekolah, guru
PAI dan santri. Instrumen penelitian yaitu peneliti dengan menggunakan alat tulis,
alat perekam dan handphone. Adapun teknik pengumpulan data melalui
observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data (reduksi data,
penyajian data dan penarikan kesimpulan). Hasil penelitian ini menunjukkan
bahwa: 1) strategi guru Pendidikan Agama Islam dalam mencegah paham
radikalisme pada santri di SMA PMDS Putra Kota Palopo meliputi: a) penguatan
pemahaman keagamaan, b) mengedukasi penanaman sikap toleransi pada santri,
c) melalui fungsi sosial pesantren, d) mengawasi dan mengontrol santri dan e)
materi pembelajaran. 2) Dampak penerapan strategi guru Pendidikan Agama
Islam dalam mencegah paham radikalisme pada santri di SMA PMDS Putra Kota
Palopo meliputi: a) wawasan santri mengenai radikalisme menjadi bertambah, b)
terbentuknya sikap empati dan kesadaran sosial pada santri dan c) adanya sikap
tasamuh dan tarahum pada santri.
Kata Kunci: Strategi Pembelajaran, Guru PAI, Paham Radikalisme, Santri, SMA
PMDS Putra Kota Palopo
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email hajrahikhlas@gmail.com |
Date Deposited: | 23 Jul 2024 05:45 |
Last Modified: | 23 Jul 2024 05:45 |
URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/9151 |
Actions (login required)
View Item |