PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA ELEKTRONIK PADA BIDANG STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP RESPON PESERTA DIDIK DI SMAN 3 LUWU KECAMATAN LAROMPONG KABUPATEN LUWU

HARUN, FADILAH (2024) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA ELEKTRONIK PADA BIDANG STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP RESPON PESERTA DIDIK DI SMAN 3 LUWU KECAMATAN LAROMPONG KABUPATEN LUWU. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri palopo.

[thumbnail of ABSTRACT.pdf] Text
ABSTRACT.pdf

Download (144kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (93kB)
[thumbnail of REPOSITORY.pdf] Text
REPOSITORY.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Fadilah Harun 2024. “Pengembangan Lembar Kerja Elektronik Pada Bidang
Studi Pendidikan Agama Islam Terhadap Respon Peserta Didik
Di SMAN 3 Luwu, Kecamatan Larompong, Kabupaten Luwu”.
Skripsi Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas
Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri
Palopo. Dibimbing oleh Marwiyah dan Arifuddin.
Penelitian ini membahas tentang Pengembangan Lembar Kerja Elektronik
Pada Bidang Studi Pendidikan Agama Islam Terhadap Respon Peserta Didik Di
SMAN 3 Luwu, Kecamatan Larompong, Kabupaten Luwu. Berdasarkan observasi
yang dilakukan peneliti, penelitian pengembangan lembar kerja elektronik pada
bidang studi Pendidikan Agama Islam ini dilatar belakangi oleh metode
pembelajaran yang dilakukan masih menggunakan media cetak berupa modul atau
buku cetak dimana lembar kerja elektronik masih jarang digunakan dikarenakan
guru masih kurang paham dalam menggunakannya. Penelitian ini bertujuan untuk:
1) Untuk mengetahui analisis prosedur pengembangan lembar kerja elektronik pada
bidang studi Pendidikan Agama Islam terhadap respon peserta didik di SMAN 3
Luwu, 2) Untuk mengetahui uji kevalidan pengembangan lembar kerja elektronik
pada bidang studi Pendidikan Agama Islam terhadap respon peserta didik di SMAN
3 Luwu, 3) Untuk mengetahui uji praktikalitas lembar kerja elektronik pada bidang
studi Pendidikan Agama Islam terhadap respon peserta didik di SMAN 3 Luwu.
Penelitian ini menggunakan Research and Development (R&D) sebagai
jenis penelitian. Sedangkan model pengembangan yang digunakan dalam penelitian
ini yaitu model ADDIE yang terdiri atas lima tahapan. Lokasi penelitian ini
dilakukan di SMAN 3 Luwu pada tanggal 2 Oktober 2023. Subjek dalam penelitian
ini yaitu peserta didik kelas X yang berjumlah 20 orang. Instrumen pengumpulan
data dan teknik pengumpulan data menggunakan lembar validasi untuk ahli media,
lembar validasi untuk ahli materi, dan lembar angket respon peserta didik. Teknik
analisis data dalam penelitian ini yaitu dengan cara melakukan uji validasi atau uji
kevalidan media.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa analisis prosedur pengembangan
lembar kerja elektronik pada bidang studi Pendidikan agama Islam yang digunakan
sesuai dengan prosedur pengembangan yaitu menggunakan model ADDIE. Hasil
validasi dari ahli media mendapatkan hasil persentase 100% dengan kategori
“Sangat Valid”, dan hasil validasi ahli materi mendapatkan hasil persentase 80%
dengan kategori “Valid”. Untuk uji praktikalitas lembar kerja elektronik diperoleh
dari respon peserta didik memperoleh persentase 66,46% dengan kategori
“Tertarik”. Maka, lembar kerja elektronik terhadap respon peserta didik di SMAN
3 Luwu layak digunakan dalam proses pembelajaran.
Kata Kunci: Lembar Kerja Elektronik, Pendidikan Agama Islam, Respon
Peserta Didik.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email hajrahikhlas@gmail.com
Date Deposited: 23 Jul 2024 05:57
Last Modified: 23 Jul 2024 05:57
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/9152

Actions (login required)

View Item View Item