MASERO, ANDINI (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBASIS AUDIO VISUAL MATERI IBADAH PUASA MEMBENTUK PRIBADI YANG BERTAKWA DI KELAS VIII SMP NEGERI 11 PALOPO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri palopo.
Text
ABSTRACT.pdf Download (96kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (16kB) |
|
Text
REPOSITORY.pdf Download (6MB) |
Abstract
ABSTRAK
Andini Masero, 2024. Pengembangan Media Pembelajaran Pendidikan Agama
Islam Berbasis Audio Visual Materi Ibadah Puasa Membentuk Pribadi
Yang Bertakwa di Kelas VIII SMP Negeri 11 Palopo. Skripsi Program
Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan,
Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo. Dibimbing oleh St.
Marwiyah dan Arifuddin.
Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 11 Palopo mengenai
pengembangan media pembelajaran Pendidikan Agama Islam berbasis audio
visual yang dilatar belakangi oleh kurangnya penggunaan media pembelajaran,
khususnya di kelas VIII dan media yang sering digunakan dalam proses
pembelajaran berupa buku paket dan papan tulis dimana peserta didik merasa
bosan sehingga peserta didik banyak yang tidak memperhatikan saat guru
menjelaskan pembelajaran. Metode yang sering digunakan adalah metode
ceramah, media yang digunakan masih minim dan terkadang guru menggunakan
media youtube untuk proses pembelajaran namun itu sangat jarang digunakan.
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Menganalisis kebutuhan media pembelajaran
pendidikan agama Islam berbasis audio visual, 2) Mengetahui validitas media
pembelajaran pendidikan agama Islam berbasis audio visual, dan 3) Mengetahui
praktikalitas media pembelajaran pendidikan agama Islam berbasis audio visual.
Penelitian ini berfokus pada penelitian pengembangan atau disebut R&D
(Research and Development). Model pengembangan yang digunakan yaitu
ADDIE yang terdiri dari lima tahapan diantaranya analysis, design, development,
implementation dan evaluasi. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII
yang berjumlah 9 orang dan objek penelitian adalah media pembelajaran
Pendidikan Agama Islam berbasis audio visual. Teknik pengumpulan data
menggunakan wawancara kepada guru dan angket kepada peserta didik.
Sedangkan teknik analisis data cara deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif.
Hasil penelitian ini menyatakan: 1) Hasil yang diperoleh dari analisis
kebutuhan terhadap guru diperoleh nilai rata-rata 100% dengan kategori sangat
dibutuhkan dan analisis kebutuhan yang dilakukan kepada peserta didik dari yang
menjawab pertanyaan dengan jawaban “Ya” diperoleh nilai rata-rata 81% dengan
kategori sebagian besar dibutuhkan dan jawaban “Tidak” diperoleh nilai rata-rata
19% kategori sebagian kecilnya dibutuhkan, 2) Hasil dari validasi oleh validator
ahli media 77% dan ahli materi 78% dengan kategori baik, dan 3) Hasil
implementasi pada peserta didik dengan memberikan angket praktikalitas
diperoleh persentase 81% dengan kategori sangat baik. Dengan demikian media
pembelajaran berbasis audio visual materi ibadah puasa membentuk pribadi yang
bertakwa baik untuk digunakan dalam proses pembelajaran.
Kata kunci : Media Pembelajaran, Audio Visual, Pendidikan Agama Islam
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email hajrahikhlas@gmail.com |
Date Deposited: | 23 Jul 2024 06:25 |
Last Modified: | 23 Jul 2024 06:25 |
URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/9154 |
Actions (login required)
View Item |