PERAN GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MEMBENTUK KARAKTER RELIGIUS PESERTA DIDIK KELAS VIII DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI PALOPO

HASNIDAR, HASNIDAR (2024) PERAN GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MEMBENTUK KARAKTER RELIGIUS PESERTA DIDIK KELAS VIII DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI PALOPO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri palopo.

[thumbnail of ABSTRACT.pdf] Text
ABSTRACT.pdf

Download (97kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (127kB)
[thumbnail of REPOSITORY.pdf] Text
REPOSITORY.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK
xxiv
Hasnidar, 2024. “Peran Guru Akidah Akhlak dalam Membentuk Karakter
Religius Peserta Didik Kelas VIII Di Madrasah Tsanawiyah Negeri
Palopo,” Skripsi Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas
Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Palopo.
Dibimbing oleh: Nurdin K. dan Andi Arif Pamessangi.
Skripsi ini membahas tentang peran guru akidah akhlak dalam membentuk
karakter religius peserta didik kelas VIII di di Madrasah Tsanawiyah Neger
Palopo. Penelitian ini bertujuan: untuk mengetahui peran guru akidah akhlak
dalam membentuk karakter religius peserta didik kelas VIII di Madrasah
Tsanawiyah Negeri Palopo, untuk mengetahui kendala yang dihadapi oleh guru
akidah akhlak dalam membentuk karakter religius peserta didik kelas VIII di
Madrasah Tsanawiyah Negeri Palopo.Jenis penelitian yang digunakan yaitu
penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara,
observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi
data, penyajian data, dan verifikasi atau penarikan kesimpulan.Hasil penelitian ini
menunjukkan bahwa: peran guru akidah akhlak dalam membentuk karakter
religius peserta didik dengan cara peserta didik diwajibkan bertadarrus setiap
hari, melaksanakan sholat dhuha, selalu membaca asmaul husna, mengajarkan
sopan santun, memberikan contoh yang baik kepada peserta didiknya, dan selalu
menyelipkan pesan moral dalam setiap kegiatan pembelajaran. Pembentukan
karakter religius di Madrasah Tsanawiyah Negeri Palopo sudah terlaksana
dengan baik, dimana peserta didik telah menerapkan sikap disiplin, rajin ibadah,
dan juga sopan terhadap guru maupun teman sebayanya. Adapun kendala guru
akidah akhlak dalam pembentukan karakter religius peserta didik factor
utamanya adalah factor lingkungan keluarga dan factor lingkungan bermainnya.
Kata Kunci: Peran, Guru Akidah Akhlak, Karakter Religius

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Agama > 2X3 Aqaid (Aqidah, Akidah) dan Ilmu Kalam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email hajrahikhlas@gmail.com
Date Deposited: 23 Jul 2024 06:33
Last Modified: 23 Jul 2024 06:33
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/9155

Actions (login required)

View Item View Item