PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO ANIMASI BERBASIS APLIKASI CANVA PADA MATERI ADAB KEPADA SAUDARA, TEMAN DAN TETANGGA DI KELAS IX MTSN KOTA PALOPO

FRIKAS, SHUCI AULYA (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO ANIMASI BERBASIS APLIKASI CANVA PADA MATERI ADAB KEPADA SAUDARA, TEMAN DAN TETANGGA DI KELAS IX MTSN KOTA PALOPO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri palopo.

[thumbnail of ABSTRACT.pdf] Text
ABSTRACT.pdf

Download (104kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (176kB)
[thumbnail of REPOSITORY.pdf] Text
REPOSITORY.pdf

Download (10MB)

Abstract

ABSTRAK
Shuci Aulya Frikas, 2024. Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi
Berbasis Aplikasi Canva Pada Materi Adab Kepada
Saudara, Teman dan Tetangga di Kelas IX MTsN Kota
Palopo. Skripsi Program Studi Pendidikan Agama Islam,
Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam
Negeri (IAIN) Palopo. Dibimbing oleh Nurdin K dan Muh
Yamin, S.Pd.
Penelitian ini membahas tentang pengembangan media pembelajaran
video animasi berbasis aplikasi Canva pada materi adab kepada saudara, teman
dan tetangga di kelas IX MTsN Kota Palopo. Penelitian bertujuan untuk: 1)
mengetahui proses pengembangan media pembelajaran video animasi berbasis
aplikasi Canva pada materi adab kepada saudara, teman dan tetangga di kelas IX
MTsN Kota Palopo. 2) menguji validitas media pembelajaran video animasi
berbasis aplikasi Canva pada materi adab kepada saudara, teman dan tetangga di
kelas IX MTsN Kota Palopo. 3) menguji praktikalitas media pembelajaran video
animasi berbasis aplikasi Canva pada materi adab kepada saudara, teman dan
tetangga di kelas IX MTsN Kota Palopo.
Penelitian ini menggunakan Research and Development (R&D) sebagai jenis penelitian. Seda
tahun ajaran 2023/2024. Instrument yang digunakan yaitu lembar angket validasi
untuk ahli media dan ahli materi serta angket uji praktikalitas untuk guru dan
siswa. Adapun teknik analisis yang digunakan yaitu teknik analisis deskriptif
kualitatif dan deskriptif kuantitatif.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) proses mengembangkan media
pembelajaran video animasi berbasis aplikasi Canva menggunakan model
ADDIE yang terdiri atas lima tahapan, yaitu analysis, design, development,
implementation, evaluation. 2) uji validitas media pembelajaran video animasi
berbasis aplikasi Canva pada materi adab kepada saudara, teman dan tetangga di
kelas IX MTsN Kota Palopo oleh ahli media memperoleh hasil persentase
86,15% dan ahli materi memperoleh hasil persentase 92, 66%. 3) uji
Praktikalitas media pembelajaran video animasi berbasis aplikasi Canva pada
materi adab kepada saudara, teman dan tetangga di kelas IX MTsN Kota Palopo
oleh guru mata pelajaran Akidah Akhlak memperole hasil persentase 95% dan
siswa memperoleh hasil persentase 92,5%. Sehingga berdasarkan hasil uji
tersebut dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran video berbasis aplikasi
Canva pada materi adab kepada saudara, teman dan tetangga sangat valid dan
praktis digunakan dalam proses pembelajaran.
Kata Kunci: Adab Kepada Saudara Teman dan Tetangga, Aplikasi Canva,
Media Pembelajaran Video Animasi,

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email hajrahikhlas@gmail.com
Date Deposited: 23 Jul 2024 06:50
Last Modified: 23 Jul 2024 06:50
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/9156

Actions (login required)

View Item View Item