PENGEMBANGAN HANDOUT DENGAN MODEL RECIPROCAL TEACHING BERBANTUAN APLIKASI CANVA TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI PESERTA DIDIK KELAS VIII SMPN 4 SABBANG

ROSTIKA T, ROSTIKA T (2024) PENGEMBANGAN HANDOUT DENGAN MODEL RECIPROCAL TEACHING BERBANTUAN APLIKASI CANVA TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI PESERTA DIDIK KELAS VIII SMPN 4 SABBANG. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri palopo.

[thumbnail of ABSTRACT.pdf] Text
ABSTRACT.pdf

Download (153kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (144kB)
[thumbnail of REPOSITORY.pdf] Text
REPOSITORY.pdf

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK
Rostika T, 2024. Pengembangan Handout Dengan Model Reciprocal Teaching
Berbantuan Aplikasi Canva Terhadap Kemampuan Komunikasi
Peserta Didik Kelas VIII SMPN 4 Sabbang. Skripsi, Program Studi
Pendidikan Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan,
Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo. Dibimbing oleh
Nasaruddin dan Salmilah.
Skripsi ini membahas tentang pengembangan Pengembangan Handout
Dengan Model Reciprocal Teaching Berbantuan Aplikasi Canva Terhadap
Kemampuan Komunikasi Peserta Didik Kelas VIII SMPN 4 Sabbang. Penelitian
ini bertujuan untuk mengetahui prototype handout matematika, validitas,
praktikalitas dan efektivtas handout dengan model reciprocal teaching berbantuan
aplikasi canva terhadap kemampuan komunikasi pada materi persamaan garis
lurus.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Pengembangan (Research and
Development). Untuk menghasilkan produk handout matematika dengan model
Rechiprocal Teaching berbantuan aplikasi canva, penelitian ini menggunakan
model pengembangan 4-D yaitu: (1) Tahap define, (2) Tahap design, (3) Tahap
develop , (4) Tahap disseminate. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik
kelas VIII SMPN 4 Sabbang. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah bahan
ajar berupa handout matematika berbantuan aplikasi canva.
Penelitian ini menghasilkan prototype akhir berupa handout matematika
berbantuan aplikasi canva yang dilengkapi dengan petunjuk penggunaan. Untuk
mengetahui validitas dari produk yang dikembangkan peneliti memberikan angket
validasi kepada ahli media dan ahli materi. Hasil validasi produk dari ahli media
dengan persentase 90% dengan kategori sangat valid dan ahli materi memperoleh
persentase masing- masing 77% dan 97% dengan rata-rata skor persentase 87%
termasuk dalam kategori sangat valid. Untuk uji kepraktisan handout matematika
diperoleh dari respon peserta didik dengan persentase 95% dengan kategori sangat
praktis dan uji kepraktisan handout matematika yang diperoleh dari pendidik
dengan persentase 85% kategori sangat praktis. Dan uji keefektifan handout
matematika berbantuan aplikasi canva dari kemampuan komunikasi peserta didik
diperoleh skor 13,63 dengan rata-rata 0,48 dengan predikat nilai 0,30 < g < 0,70
dengan kategori penilaian sedang atau efektif. Berdasarkan hasil yang diperoleh,
handout matematika berbantuan aplikasi canva dengan model reciprocal
teaching memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif untuk digunakan sebagai
media pembelajaran.
Kata Kunci: Handout Matematika Berbantuan Aplikasi Canva, Reciprocal
Teaching

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 500 Ilmu Pengetahuan Alam, Sains, dan matematika > 510 Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Unnamed user with email hajrahikhlas@gmail.com
Date Deposited: 23 Jul 2024 06:58
Last Modified: 23 Jul 2024 06:58
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/9157

Actions (login required)

View Item View Item