PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI KELAS IV DI SEKOLAH DASAR NEGERI 332 PADANG DURIAN

ZAHRAH, NUR (2024) PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI KELAS IV DI SEKOLAH DASAR NEGERI 332 PADANG DURIAN. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of REPO.PDF] Text
REPO.PDF

Download (3MB)
[thumbnail of PUSTAKA.pdf] Text
PUSTAKA.pdf

Download (332kB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (332kB)

Abstract

ABSTRAK
Nur Zahrah, 2024 “Pengembangan Video Pembelajaran pada Mata Pelajaran
Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas IV di SDN 332
Padang Durian”. Skripsi Program Studi Pendidikan Agama Islam,
Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri
(IAIN) Palopo. Dibimbing oleh Nurdin K dan Muhammad Zuljalal Al
Hamdany.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tahap pengembangan video
pembelajaran serta untuk mengetahui kevalidan dan praktikalitas video
pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti materi Beriman kepada
Rasul-rasul Allah.
Jenis penelitian ini menggunakan penelitian R&D (Research and
Development), dengan model pengembangan ADDIE yaitu: Analysis (Analisis),
Design (Desain), Development (Pengembangan), Implementation (Implementasi),
Evaluation (Evaluasi). Penelitian ini dilakukan di SDN 332 Padang Durian
dengan subjek penelitian yaitu peserta didik kelas IV tahun ajaran 2023/2024.
Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi dan
angket. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis
deskriptif kuantitatif.
Adapun hasil penelitian dari produk video pembelajaran yang
dikembangkan peneliti menunjukkan hasil validasi dari ahli media dengan
persentase 82% dengan kategori sangat valid, ahli materi dengan persentase 100%
dengan kategori sangat valid dan ahli bahasa dengan persentase 72% dengan
kategori valid. Untuk hasil uji praktikalitas video pembelajaran dari peserta didik
diperoleh persentase 96,3% dengan kategori sangat praktis. Berdasarkan hasil
tersebut dapat disimpulkan bahwa video pembelajaran Pendidikan Agama Islam
dan Budi Pekerti materi Beriman kepada Rasul-rasul Allah layak untuk digunakan
sebagai media pembelajaran.
Kata Kunci: Kelas IV di SDN 332 Padang Durian, Pendidikan Agama Islam dan
Budi Pekerti, Pengembangan Video Pembelajaran
xxi
ABSTRACT
Nur Zahrah, 2024 "Development of Learning Videos on Islamic Religious
Education and Cultivation Subjects grade IV at SDN 332 Padang
Durian". Thesis of Islamic Religious Education Study Program, Faculty of
Tarbiyah and Teacher Science, Palopo State Islamic Institute (IAIN).
Supervised by Nurdin K and Muhammad Zuljalal Al Hamdany.
This study aims to determine the stage of development of learning videos
as well as to determine the validity and practicality of learning videos for Islamic
Religious Education and Humanities on the material of Believing in Allah's
Messengers.
This type of research uses R&D (Research and Development) research,
with the ADDIE development model, namely: Analysis, Design, Development,
Implementation, Evaluation. This research was conducted at SDN 332 Padang
Durian with the research subject being grade IV students in the 2023/2024 school
year. The data collection techniques in this study were interviews, observations
and questionnaires. The data analysis technique used in this research is
quantitative descriptive analysis.
The research results of the learning video products developed by
researchers show validation results from media experts with a percentage of 82%
with a very valid category, material experts with a percentage of 100% with a
very valid category and linguists with a percentage of 72% with a valid category.
For the results of the learning video practicality test from students, a percentage
of 96.3% was obtained in the very practical category. Based on these results, it
can be concluded that the learning video for Islamic Religious Education and
Budi Pekerti material on Believing in Allah's Messengers is suitable for use as
learning media.
Keywords: Grade IV at SDN 332 Padang Durian, Education Islamic Religion
and Humanities, Learning Video Development

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Agama > 297.77 Pendidikan Agama Islam, Sekolah Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email musdalipa834@gmail.com
Date Deposited: 24 Jul 2024 02:35
Last Modified: 24 Jul 2024 02:35
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/9167

Actions (login required)

View Item View Item