PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS 3D BERBANTUAN BLENDER DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII MTsN PALOPO

ARRASYID, SYAFA.AT ANUGRAH (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS 3D BERBANTUAN BLENDER DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII MTsN PALOPO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri palopo.

[thumbnail of ABSTRACT.pdf] Text
ABSTRACT.pdf

Download (162kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (151kB)
[thumbnail of REPOSITORY.pdf] Text
REPOSITORY.pdf

Download (12MB)

Abstract

ABSTRAK
Syafa’at Anugrah Arrasyid, 2024. “Pengembangan Media Pembelajaran
Matematika Berbasis 3D Berbantuan Blender dalam Meningkatkan
Hasil Belajar Siswa Kelas VIII MTsN Palopo”. Skripsi Program
Studi Pendidikan Matematika Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan
Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo. Dibimbing oleh
Sumardin Raupu dan Aishiyah Saputri Laswi.
Skripsi ini membahas tentang pengembangan media pembelajaran
matematika berbasis 3D berbantuan Blender dalam meningkatkan hasil belajar
siswa kelas VIII MTsN Palopo. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
validitas media, praktikalitas media, efektivitas media pembelajaran matematika
terhadap hasil belajar siswa kelas VIII MTsN Palopo, dan prototype akhir media
pembelajaran matematika.
Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development
(R&D), dengan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahapan
yaitu: analisis (Analyze), desain (Design), pengembangan (Development),
implementasi (Implementation), dan evaluasi (Evaluation). Subjek penelitian ini
adalah 28 siswa kelas VIII MTsN Palopo. Instrumen yang digunakan adalah
pedoman wawancara, lembar observasi, lembar validasi produk (media, digital,
dan materi), angket responden (guru dan siswa) dan soal tes hasil belajar (pretest
dan posttest). Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif
kualitatif dan analisis deskriptif kuantitatif.
Hasil pengembangan media menunjukkan bahwa: (1) hasil validasi ahli
media, digital, dan materi berada pada kategori sangat valid, (2) hasil uji
praktikalitas oleh guru dan siswa berada pada kategori sangat praktis, (3) hasil uji
efektivitas berada pada kategori cukup efektif digunakan dalam meningkatkan
hasil belajar matematika kelas VIII MTsN Palopo, (4) prototype akhir dari media
pembelajaran matematika berupa aplikasi pembelajaran matematika berbasis 3D
yang bernama ”Ocean Math” dengan pokok bahasan bangun ruang sisi datar kelas
VIII. Adapun produk yang dikembangkan memuat intro, tampilan loading, menu
utama (yang terdiri dari petunjuk, materi, quiz, creator, kompetensi dasar dan
indikator pembelajaran, quiz dalam bentuk website Quizziz, dan menu keluar
aplikasi. Implikasi dari media pembelajaran matematika berbasis 3D berbantuan
Blender adalah: (1) memudahkan siswa untuk belajar mandiri, (2) meningkatkan
hasil belajar siswa (3) menjadi daya tarik pada proses pembelajaran karena
tampilan media menarik, (4) alternatif bahan ajar guru.
Kata kunci: Media Pembelajaran, Berbasis 3D, Blender, Bangun Ruang Sisi
Datar, Hasil Belajar Siswa.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 500 Ilmu Pengetahuan Alam, Sains, dan matematika > 510 Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Unnamed user with email hajrahikhlas@gmail.com
Date Deposited: 25 Jul 2024 00:15
Last Modified: 25 Jul 2024 00:15
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/9168

Actions (login required)

View Item View Item