PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN LINGKUNGANKU BERBASIS KONSEP PROFIL PELAJAR RAHMATAN LIL ALAMIN DI MADRASAH IBTIDAIYAH 43 BATULOTONG

RISNA N., RISNA N. (2024) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN LINGKUNGANKU BERBASIS KONSEP PROFIL PELAJAR RAHMATAN LIL ALAMIN DI MADRASAH IBTIDAIYAH 43 BATULOTONG. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri palopo.

[thumbnail of ABSTRACT.pdf] Text
ABSTRACT.pdf

Download (199kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (138kB)
[thumbnail of REPOSITORY.pdf] Text
REPOSITORY.pdf

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK
Risna N, 2024. “Pengembangan Modul Pembelajaran Lingkunganku Berbasis
Konsep Profil Pelajar Rahmatan Lil Alamin di Madrasah Ibtidaiyah 43
Batulotong”. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institur Agama Islam Negeri Palopo.
Dibimbing oleh Baderiah dan Arwan Wiratman.
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangan modul pembelajaran
lingkungan berbasis konsep profil pelajar rahmatan lil alamin, mengetahui hasil
validitas pengembangan lingkungan berbasis konsep profil pelajar rahmatan lil
alamin dan mengetahui praktikalitas pengembangan lingkungan berbasis konsep
profil pelajar rahmatan lil alamin.
Penelitian ini menggunakan model ADDIE yang disesuaikan dengan
kebutuhan penelitian. Prosedur penelitian ini lima tahap yaitu analisis data
(analyze), perencanaan (design), pengembangan (development), Implementasi
(implementation), dan evalusai (evaluation). Penelitian ini dilaksanakan di
Madrasah Ibtidaiyah 43 Batulotong yang berlokasi di Jalan Poros Palopo –
Makassar dengan jumlah 30 siswa yang menggunakan bahan ajar modul yang
dikembangkan. Objek penelitian ini adalah Modul. Teknik pengumpulan data
yang digunakan peneliti adalah observasi, wawancara, angket dan dokumentasi.
Penelitian ini menghasilkan sebuah bahan ajar berupa modul yang telah
memenuhi kategori valid dari hasil validitas bahan ajar modul. Berdasarkan hasil
validitas bahan ajar modul yang telah di validasi dengan kategori diantaranya
ahli materi 78% dengan kategori valid. Ahli desain memperoleh nilai 75%
dengan kategori valid dan ahli bahasa memperoleh nilai 84 dengan kategori
sangat valid. Hasil praktikalisasi siswa berdasarkan respon uji coba dengan 30
siswa memperoleh nilai sebesar 98% dengan kategori sangat praktis dan hasil
praktikalisasi guru memperoleh nilai 100% dengan kategori sangat valid.
Kata Kunci : Bahan ajar modul, pelajar rahmatan lil alamin, Lingkunganku

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 500 Ilmu Pengetahuan Alam, Sains, dan matematika > 510 Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email hajrahikhlas@gmail.com
Date Deposited: 25 Jul 2024 00:33
Last Modified: 25 Jul 2024 01:06
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/9171

Actions (login required)

View Item View Item