PENGEMBANGAN MEDIA BOOKLET DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMAHAMI ISI CERITA SISWA KELAS V SD NEGERI 2 TOLALA

NILAM, NILAM (2024) PENGEMBANGAN MEDIA BOOKLET DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMAHAMI ISI CERITA SISWA KELAS V SD NEGERI 2 TOLALA. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri palopo.

[thumbnail of ABSTRACT.pdf] Text
ABSTRACT.pdf

Download (102kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (149kB)
[thumbnail of REPOSITORY.pdf] Text
REPOSITORY.pdf

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK
Nilam, 2024. “Pengembangan Media Booklet dalam Meningkatkan Kemampuan
Memahami Isi Cerita Siswa Kelas V SD Negeri 02 Tolala”. Skripsi
Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah
dan Ilmu Keguruan Institur Agama Islam Negeri Palopo. Dibombing
oleh Sukirman Nurdjan dan Ahmad Munawir.
Penelitian ini bertujuan untuk Mengembangkan media booklet dalam
meningkatkan kemampuan memahami isi cerita, Mengetahui respon siswa terhadap
media booklet dalam meningkatkan kemampuan memahami isi cerita dan Menguji
praktikalisasi media booklet dalam meningkatkan kemampuan memahami isi cerita siswa
kelas V di SDN 2 Tolala.
Penelitian ini menggunakan model ADDIE yang disesuaikan dengan kebutuhan
peneliti. Prosedur penelitian ini lima tahap yaitu analisis data (analyze), perencanaan
(design), pengembangan (development), Implementasi (implementation), dan evalusai
(evaluation). Penelitian ini di laksanakan di SDN 02 Tolala. Subjek penelitian ini adalah
guru dan siswa V SDN 02 Tolala dengan jumlah 13 yang menggunakan media Booklet
yang dikembangkan. Objek penelitian ini adalah media Booklet. Teknik pengumpulan
data yang digunakan peneliti adalah observasi, wawancara, angket dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pengembangan media Booklet dalam
memahami isi cerita menggunakan model ADDIE yang disesuaikan dengan kebutuhan
peneliti. Prosedur penelitian ini lima tahap yaitu analisis data (analyze), perencanaan
(design), pengembangan (development), Implementasi (implementation), dan evalusai
(evaluation). Media pembelajaran berbasis booklet ini memenuhi kategori sangat valid,
serta uji kelayakan dengan nilai rata-rata siswa 74% dan nilai rata-rata guru 80% dengan
kategori layak. (2) Respon siswa dalam pengembangan media Booklet dalam memahami
isi cerita uji coba produk kepada 13 siswa dengan 5 aspek kelayakan mendapat nilai rata-
rata 74%. Artinya dalam uji kelayakan ini respon siswa dalam tahap implementasi
dengan kategori layak memberikan respon positif terhadap media Booklet yang peneliti
kembangkan, dan hasil tes belajar peserta didik dengan mengisi soal pada media Booklet
dengan nilai persentase 91%. (3) Hasil praktikalisasi oleh guru dan siswa mendapatkan
nilai 89% oleh guru dan siswa 90% dan dapat dikategorikan sangat praktis.
Kata Kunci: Media Booklet, Pemahaman membaca, Malin Kundang

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 500 Ilmu Pengetahuan Alam, Sains, dan matematika > 510 Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email hajrahikhlas@gmail.com
Date Deposited: 25 Jul 2024 00:55
Last Modified: 25 Jul 2024 00:55
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/9174

Actions (login required)

View Item View Item