PERSEPSI MASYARAKAT TENTANG BANK SYARIAH DI DESA AMOE KECAMATAN PAKUE UTARA

RIFKI, MUH, NUR (2024) PERSEPSI MASYARAKAT TENTANG BANK SYARIAH DI DESA AMOE KECAMATAN PAKUE UTARA. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of REPO.pdf] Text
REPO.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of PUSTAKA.pdf] Text
PUSTAKA.pdf

Download (320kB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (302kB)

Abstract

ABSTRAK
MUH. NUR RIFKI, 2024. “Persepsi Masyarakat Tentang Bank Syariah di Desa
Amoe Kecamatan Pakue Utara”. Skripsi Program
Studi Perbankan Syariah Fakultas Ekonomi dan
Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri Palopo.
Dibimbing oleh Hendra Safri.
Penelitian ini membahas mengenai persepsi masyarakat tentang bank
syariah di Desa Amoe Kecamatan Pakue Utara. Penelitian ini bertujuan untuk
mengeksplorasi persepsi masyarakat tentang bank syariah di Desa Amoe,
Kecamatan Pakue Utara.
Penelitian ini menggunakan teknik analisis data kualitatif deskriptif.
Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, dokumentasi, dan
observasi. Wawancara dilakukan kepada masyarakat Desa Amoe Kecamatan
Pakue Utara, dan pencatatan serta observasi dilakukan dengan menggunakan data
Desa Amoe dan buku-buku terkait penelitian.
Penelitian ini mengeksplorasi persepsi masyarakat tentang bank syariah di
Desa Amoe, Kecamatan Pakue Utara. Hasilnya menunjukkan mayoritas penduduk
Desa Amoe adalah muslim dengan tingkat pendidikan yang cukup. Meskipun
sebagian mengaku memahami tentang bank syariah, banyak dari mereka yang
tidak mengetahui secara detail. Masyarakat merespons positif terhadap
keberadaan bank syariah, namun masih terdapat anggapan bahwa bank syariah
dan bank konvensional sama saja. Faktor seperti pendidikan dan ekonomi
memengaruhi persepsi masyarakat, di mana mereka dengan tingkat pendidikan
dan kondisi ekonomi yang lebih baik cenderung lebih positif dan tertarik
menggunakan bank syariah. Namun, keterbatasan ekonomi menjadi hambatan
bagi sebagian masyarakat untuk bertransaksi di bank syariah. Lokasi bank syariah
yang jauh juga menjadi kendala dalam aksesibilitas layanan bagi penduduk Desa
Amoe. Pengalaman langsung dengan bank syariah memengaruhi persepsi, di
mana mereka yang pernah bertransaksi cenderung lebih puas dan memilih bank
syariah. Minimnya sosialisasi dari pihak bank syariah turut mempengaruhi
pemahaman masyarakat tentang bank syariah. Penelitian ini menyarankan
peningkatan sosialisasi dan edukasi mengenai bank syariah serta penambahan
aksesibilitas layanan bank syariah di Desa Amoe. Hal ini diharapkan dapat
meningkatkan pemahaman dan minat masyarakat terhadap bank syariah.
Kata Kunci: Persepsi Masyarakat, Bank Syariah

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Ilmu sosial > 332.1 Bank, Perbankan
Divisions: Fakultas Ekonomi Bisnis Islam > Program Studi S-1 Perbankan Syariah
Depositing User: Unnamed user with email musdalipa834@gmail.com
Date Deposited: 25 Jul 2024 00:42
Last Modified: 25 Jul 2024 00:42
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/9175

Actions (login required)

View Item View Item