PENERAPAN KEMAH LITERASI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PESERTA DIDIK KELAS IV SDN 245 TOLE TOLE KECAMATAN WASUPONDA KABUPATEN LUWU TIMUR

SARI, CHIKA UTIA (2024) PENERAPAN KEMAH LITERASI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PESERTA DIDIK KELAS IV SDN 245 TOLE TOLE KECAMATAN WASUPONDA KABUPATEN LUWU TIMUR. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri palopo.

[thumbnail of ABSTRACT.pdf] Text
ABSTRACT.pdf

Download (109kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (131kB)
[thumbnail of REPOSITORY.pdf] Text
REPOSITORY.pdf

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK
Chika Utia Sari “Penerapan Kemah Literasi dalam Meningkatkan Kemampuan
Membaca Siswa Kelas IV SDN 245 Tole-Tole”. Fakultas Tarbiyah &
Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo. Pembimbing (1) Hj.
Nursyamsi. (II) Sukmawaty.
Permasalahan skripsi ini adalah: (1) Bagaimana penerapan kemah
literasi dalam meningkatkan kemampuan membaca peserta didik kelas IV SDN
245 Tole-Tole? (2) Apakah kemah literasi dapat meningkatkan kemampuan
membaca peserta didik kelas IV SDN 245 Tole-Tole ?
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK).Teknik pengumpulan
data melalui observasi, Tes, wawancara dan dokumentasi. Subyek data dalam
penelitian ini adalah guru kelas IV dan objek dalam penelitian ini peserta didik
kelas IV SDN 245 Tole-Tole sebanyak 16 orang.
Hasil penelitian menunjukkan : Hasil penelitian ini adalah pada akivitas
siswa dengan menggunakan penerapan kemah literasi untuk meningkatkan
kemampuan membaca peserta didik siklus I mencapai kategori Baik, yaitu 61,6%
dan pada tindakan siklus II mengalami peningkatan 96% dengan kategori Sangat
Baik. Aktivitas guru menunjukkan pada siklus I mencapi 50% dengan kategori
Cukup dan pada siklus II mengalami peningkatan 70% dengan kategori Sangat
Baik. Jadi aktivitas guru dan siswa pada siklus I dan II mencapai kategori
keberhasilan. Adanya skor tes membaca peserta didik pada siklus I yang hanya
memperoleh 816 (51%) dan mengalami peningkatan pada siklus II mencapai
1.186,1 (74,13%), pada siklus II mencapai kategori keberhasilan dan kemampuan
membaca peserta didik mengalami peningkatan.
Kata Kunci :Kemah Literasi, Kemampuan Membaca.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 700 Kesenian dan rekreasi > 796.54 Kemping, Kemah, Bekemah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email hajrahikhlas@gmail.com
Date Deposited: 25 Jul 2024 02:19
Last Modified: 25 Jul 2024 02:19
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/9185

Actions (login required)

View Item View Item