PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS GAME EDUKASI DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS IV SDN 115 LANOSI KECAMATAN BURAU KABUPATEN LUWU TIMUR

EHRICK, FEBRIANI (2024) PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS GAME EDUKASI DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS IV SDN 115 LANOSI KECAMATAN BURAU KABUPATEN LUWU TIMUR. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri palopo.

[thumbnail of ABSTRACT.pdf] Text
ABSTRACT.pdf

Download (154kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (166kB)
[thumbnail of REPOSITORY.pdf] Text
REPOSITORY.pdf

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK
FEBRIANI EHRICK, 2024. “Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis
Game Edukasi dalam Meningkatkan Minat Belajar IPA Siswa Kelas IV
SDN 115 Lanosi Kecamatan Burau Kabupaten Luwu Timur” Skripsi
Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah
dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Palopo. Dibimbing oleh
Mardi Takwin dan Bungawati.
Skripsi ini membahas mengenai Pemanfaatan media pembelajaran
berbasis game edukasi dalam meningkatkan minat belajar IPA siswa kelas IV
SDN 115 Lanosi Kecamatan Burau Kabupaten Luwu Timur, yang bertujuan
untuk mengetahui gambaran aktivitas minat belajar IPA pada siswa dan untuk
mengetahui peningkatan minat belajar siswa SDN 115 Lanosi Kecamatan Burau
Kabupaten Luwu Timur melalui media pembelajaran berbasis game edukasi.
Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK)
terdiri atas beberapa tahap yaitu: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3)
pengamatan atau observasi dan (4) refleksi. Fokus penelitian untuk meningkatkan
minat belajarar IPA siswa melalui media pembelajaran berbasis game edukasi.
Adapun subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas IV SDN 115 Lanosi
Kecamatan Burau Kabupaten Luwu Timur berjumlah 22 siswa. Teknik
pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, angket dan dokumentasi,
kemudian dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pada siklus I gambaran
aktivitas belajar siswa pertemuan I mendapatkan persentase sebesar 41%
(kurang), pertemuan II sebesar 44% (kurang) dan pertemuan III sebesar 60%
(cukup). Persentase nilai rata-rata siklus satu sebesar 42% (cukup). Pada siklus II
gambaran aktivitas belajar siswa pertemuan I mendapatkan persentase sebesar
69% (baik), pertemuan II sebesar 88% (baik) dan pertemuan III sebesar 100%
(sangat baik). Adapun persentase meningkatnya minat belajar IPA siswa pada
siklus I mendapatkan persentase sebesar 51% (kurang) dan nilai rata-rata siklus II
sebesar 91% (sangat baik). Berdasarkan hasil persentase aktivitas belajar dan
peningkatan minat belajar IPA siswa menggunakan media pembelajaran berbasis
game edukasi dapat disimpulkan bahwa siswa mengalami peningkatan minat
belajar IPA menggunakan media pembelajaran berbasis game edukasi
Kata Kunci : Minat Belajar, Media Pembelajaran Game edukasi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Ilmu sosial > 371.36 Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email hajrahikhlas@gmail.com
Date Deposited: 25 Jul 2024 02:38
Last Modified: 25 Jul 2024 02:38
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/9187

Actions (login required)

View Item View Item