PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN MATERI PRAKTIK SALAT DI KELAS 2 SEKOLAH DASAR NEGERI 20 CIMPU KABUPATEN LUWU

NURWISAH, NURWISAH (2024) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN MATERI PRAKTIK SALAT DI KELAS 2 SEKOLAH DASAR NEGERI 20 CIMPU KABUPATEN LUWU. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri palopo.

[thumbnail of ABSTRACT.pdf] Text
ABSTRACT.pdf

Download (141kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (163kB)
[thumbnail of REPOSITORY.pdf] Text
REPOSITORY.pdf

Download (9MB)

Abstract

ABSTRAK
Nurwisah, 2023. “Pengembangan Modul Pembelajaran Materi Praktik Salat di
Kelas 2 Sekolah Dasar Negeri 20 Cimpu Kabupaten Luwu”. Tesis
Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam Pascasarjana
Institut Agama Islam Negeri Palopo. Pembimbing (1) Muhaemin dan
Pembimbing (II) Hj. Andi Riawarda
Pendidikan Agama Islam merupakan salah satu pelajaran wajib yang ada
disetiap jenjang pendidikan formal. Salah satu kajiannya adalah materi tentang
Salat. Berdasarkan hasil pra penelitian yang dilakukan dilokasi penelitian
ditemukan bahwa sekolah tersebut memiliki media pembelajaran yang sangat
terbatas sehingga mengahsilkan peserta didik yang kurang tertarik dalam
mengikuti proses pembelajaran. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk
menghasilkan modul pembelajaran yang memudahkan guru dalam melakukan
proses belajar mengajar dan bertujuan untuk menumbuhkan semangat belajar
peserta didik dengan media atau modul yang kreatif dan inovatif.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Research and Development
(R&D) atau penelitian pengembangan yang akan mengembangkan modul
pembelajaran materi praktik salat. Pengembangan ini dilakukan dengan model
pembelajran ASSURE yang terdiri dari 6 langkah yaitu menganalisis pembelajar
(analyze learners), menyatakan tujuan (state objective), memilih metode, media
dan materi (select method, media, and material), penggunaan media dan materi
(utilize media and materials), partisipasi pembelajan (require learner
participation), mengevaluasi dan merevisi (Evaluation and revise.)
Hasil pengembangan setelah diterapkan pada subjek penelitian juga
mendapatkan hasil yang efektif. Modul pembelajaran materi praktik salat diuji
oleh tiga orang ahli dan diketahui validitasnya adalah sebesar 86.2% berdasarkan
rumus yang dikemukakan oleh Riduwan dalam bukunya. Efektifitas modul juga
dapat dilihat dari segi pemahaman dan antusias siswa dalam mewarnai buku
praktik salat dan mempraktikannya dalam kehidupan sehari-hari. Media yang
telah dikembangkan ini mendapatkan respon baik dari semua pihak yang ada di
lokasi penelitian, khususnya subjek penelitian yang dalam penelitian ini
mengalami perubahan yang cukup baik sebelum dan setelah mendapatkan
intervensi, yaitu pembelajaran praktik salat menggunakan media buku mewarnai.
Kata Kunci: Pengembangan Modul, Praktik Salat, Gerakan Salat

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Agama > 2X4.12 Shalat, Sholat
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi S-2 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email hajrahikhlas@gmail.com
Date Deposited: 01 Aug 2024 00:36
Last Modified: 01 Aug 2024 00:36
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/9230

Actions (login required)

View Item View Item