RAHMAN, RAHMAWATI (2024) IMPLEMENTASI SUPERVISI AKADEMIK DALAM MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN DI MTs DDI 1 PALOPO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.
Text
REPO.PDF Download (3MB) |
|
Text
PUSTAKA.pdf Download (314kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (314kB) |
Abstract
ABSTRAK
Rahmawati rahman, 2024. “Implementasi Supervisi Akademik dalam
Meningkatkan Mutu Pembelajaran di MTs DDI 1
Palopo.” Skripsi Program Studi Manajemen Pendidikan
Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut
Agama Islam Negeri Palopo. Dibimbing oleh: Nurdin
K dan Sukmawaty.
Skripsi ini membahas tentang Implementasi Supervisi Akademik dalam
Meningkatkan Mutu Pembelajaran di MTs DDI 1 Palopo. Penelitian ini bertujuan
1) untuk mengetahui implementasi supervisi akademik di MTs DDI 1 Palopo, 2)
untuk mengetahui mutu pembelajaran di MTs DDI 1 Palopo.
Jenis penelitian ini Penelitian ini termasuk jenis penelitian lapangan
dengan format desain deskriptif kualitatif dengan tujuan untuk mengungkap
makna yang ada dibalik data yang tampak. Teknik pengumpulan data yang
digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, dan studi
dokumentasi. Teknik pengolahan dan analisis data yang digunakan adalah analisis
interaktif (interactive analysis)
pada proses ini peneliti bergerak langsung
diantara tiga komponen yaitu, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan
dan verifikasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Implementasi Supervisi
Akademik di Mts DDI Palopo telah dilakukan dengan baik melalui tahapan
perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, dan tindak lanjut. Perencanaan melibatkan
penentuan tujuan, jadwal, dan area supervisi. Pelaksanaan supervisi bertujuan
meningkatkan mutu pembelajaran dan profesionalisme guru. Evaluasi memastikan
program sesuai dengan tujuan dan meningkatkan mutu pendidikan. Tindak lanjut
dari evaluasi membantu sekolah tetap bergerak menuju tujuan yang telah
ditetapkan dan melakukan perbaikan yang diperlukan. 2) Mutu pembelajaran di
Mts DDI Palopo memiliki beberapa Faktor-faktor yang menunjang di sekolah
antara lain kurikulum yang berkualitas, guru-guru yang berkualitas, dan supervisi
akademik yang terstruktur dan berkelanjutan. Melalui observasi, evaluasi,
pembinaan, pelatihan guru, pengembangan kurikulum, pemantauan hasil belajar
siswa, dan pengembangan RPP, diharapkan kualitas pengajaran, pengembangan
profesional guru, relevansi kurikulum, efektivitas pembelajaran, dan hasil belajar
siswa dapat meningkat di MTs DDI Palopo.
Kata Kunci: Supervisi Akademik, Mutu Pembelajaran, Kepala Sekolah
xxv
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email musdalipa834@gmail.com |
Date Deposited: | 01 Aug 2024 00:47 |
Last Modified: | 01 Aug 2024 00:47 |
URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/9231 |
Actions (login required)
View Item |