TORASILA, DIRGAHAYU (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO ANIMASI BERBASIS APLIKASI KINEMASTER MATERI GAYA KELAS IV SDN 10 TAMARUNDUNG KOTA PALOPO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.
Text
REPO.PDF Download (5MB) |
|
Text
PUSTAKA.pdf Download (329kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (535kB) |
Abstract
ABSTRAK
Dirgahayu Torasila, 2024. “Pengembangan Media Video Animasi Berbasis
Kinemaster Pada Gaya Kelas IV SDN 10 Tamarundung Kota
Palopo.”Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri
Palopo”. Dibimbing oleh: (1) Baderiah dan (2) Aishiyah Saputri Laswi.
Penelitian ini membahas tentang pengembangan media video animasi
berbasis kinemaster pada materi gaya kelas IV SDN10 Tamarundung. Penelitian
ini bertujuan untuk mengetahui prosedur pengembangan media video animasi
berbasis kinemaster pada materi gaya kelas IV SDN 10 Tamarundung, untuk
mengetahui validitas media video animasi berbasis kinemaster pada materi gaya
kelas IV SD Negeri 10 Tamarundung, untuk mengetahui kepraktisan media video
animasi berbasis kinemaster pada materi gaya kelas IV SDN 10 Tamarundung
Kota Palopo.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian Research and Development
(R&D), dan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 tahap
pengembangan yaitu Analyze, Design, Development, Implementation, dan
Evaluation. Penelitian dilakukan di SDN 10 Tamarundung dengan subjek
penelitian yaitu siswa kelas IV dan guru kelas IV, objek yang diteliti yaitu media
video animasi.
Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu observasi,
wawancara, angket, dan dokumentasi.
Penelitian ini menghasilkan sebuah media pembelajaran berupa media
video animasi yang telah memenuhi kategori valid. Adapun hasil validasi media
video animasi menunjukkan bahwa hasil validasi media diperoleh nilai 75%
dengan kategori valid, hasil validasi materi diperoleh nilai 70% dengan kategori
valid, sedangkan hasil validasi bahasa diperoleh nilai 91,6% dengan kategori
sangat valid. Hasil uji praktikalitas terhadap guru kelas IV SDN memperoleh nilai
96,8 % dengan kategori sangat praktis, sedangkan hasil uji praktikalitas terhadap 9
peserta didik kelas IV SDN 09 diperoleh nilai 82,5% dengan kategori sangat
praktis. Hal ini menunjukkan bahwa media yang dikembangkan memiliki tingkat
kevalidan yang tinggi, maka media video animasi yang dikembangkan oleh
peneliti dapat digunakan untuk kegiatan pembelajaran.
Kata Kunci: Kinemaster, Sains, Video Animasi,
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Unnamed user with email musdalipa834@gmail.com |
Date Deposited: | 05 Aug 2024 01:09 |
Last Modified: | 05 Aug 2024 01:09 |
URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/9251 |
Actions (login required)
View Item |