PENGEMBANGAN BUKU AJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM DAN SOSIAL (IPAS) BERBASIS BUDAYA LOKAL PADA MATERI KEKAYAAN BUDAYA INDONESIA UNTUK SISWA KELAS IV DI SDN 102 LINDU KABUPATEN LUWU UTARA

FITRIYANI, FITRIYANI (2024) PENGEMBANGAN BUKU AJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM DAN SOSIAL (IPAS) BERBASIS BUDAYA LOKAL PADA MATERI KEKAYAAN BUDAYA INDONESIA UNTUK SISWA KELAS IV DI SDN 102 LINDU KABUPATEN LUWU UTARA. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of REPO.PDF] Text
REPO.PDF

Download (11MB)
[thumbnail of PUSTAKA.pdf] Text
PUSTAKA.pdf

Download (340kB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (445kB)

Abstract

ABSTRAK
Fitriyani, 2024 “Pengembangan Buku Ajar Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial
(IPAS) Berbasis Budaya Lokal pada Materi Kekayaan Budaya Indonesia
untuk Siswa Kelas IV di SDN 102 Lindu Kabupaten Luwu Utara”. Skripsi
Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah
dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Palopo. Dibimbing oleh
Nurdin K. dan Ahmad Munawir.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui analisis kebutuhan dan desain
pengembangan buku ajar berbasis budaya lokal pada materi kekayan budaya
Indonesia kelas IV SDN 102 Lindu Kabupaten Luwu Utara, untuk mengetahui
kevalidan buku ajar berbasis budaya lokal pada materi kekayan budaya Indonesia
kelas IV SDN 102 Lindu Kabupaten Luwu Utara, untuk mengetahui kepraktisan
buku ajar berbasis budaya lokal pada materi kekayan budaya Indonesia kelas IV
SDN 102 Lindu Kabupaten Luwu Utara.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian Research & Development
(R&D) dan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan yaitu tahap
analisis, tahap desain, tahap pengembangan, tahap implementasi, dan tahap
evaluasi. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 102 Lindu Kabupaten Luwu Utara,
subjek penelitian adalah peserta didik kelas IV yang berjumlah 20 orang dan wali
kelas IV serta validator. Objek yang diteliti buku ajar berbasis budaya lokal Tana
Luwu. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, dokumentasi, wawancara, dan
angket. Teknik analisis data yaitu analisis kualitatif dan analisis kuantitatif.
Penelitian ini menghasilkan sebuah analisis kebutuhan bahwa peserta didik
lebih menyukai buka ajar yang konteksual dan lebih menyukai buku ajar yang
terlihat menarik, hasil tahap desain pengembangan produk bahwa peneliti terlebih
dahulu memilih website, template, gambar dan materi yang akan digunakan dalam
pembuatan buku ajar, pada hasil tahap pengembangan dapat disesuikan dengan
tahapan perancangan, setelah produk selesai maka selanjutnya akan dilakukan uji
kevalidan produk. Hasil validasi desain buku ajar memperoleh nilai 83% kategori
sangat valid, validasi materi memperoleh nilai 77,08% kategori valid, dan
validasi bahasa memperoleh nilai 85,71% kategori sangat valid, pada tahap
implementasi setelah produk dinyatakan valid selanjutnya memberikan angket
kepraktisan kepada peserta didik dengan memperoleh nilai sebesar 93,66% dan
kepraktisan guru memperoleh nilai sebesar 91,07%, Adapun pada hasil tahap
evaluasi yaitu formatif. Hal ini menunjukkan bahwa buku ajar yang
dikembangkan memiliki tingkat kevalidan yang tinggi, maka buku ajar berbasis
budaya lokal Tana Luwu yang dikembangkan oleh peneliti layak digunakan
untuk kegiatan pembelajaran.
Kata Kunci: Model ADDIE, Buku Ajar, Budaya Lokal Tana Luwu

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email musdalipa834@gmail.com
Date Deposited: 05 Aug 2024 01:26
Last Modified: 05 Aug 2024 01:26
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/9254

Actions (login required)

View Item View Item