ASWADI, ASWADI (2024) PENGARUH GAME FREE FIRE TERHADAP KETERAMPILAN BERBAHASA ANAK DI SD NEGERI 309 UJUNG BASSIANG KABUPATEN LUWU USIA 10-11 TAHUN. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.
Text
REPO.pdf Download (4MB) |
|
Text
PUSTAKA.pdf Download (177kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (196kB) |
Abstract
ABSTRAK
Aswadi, 2024, “Pengaruh Game Free Fire Terhadap Keterampilan Berbahasa di
Sekolah Dasar Negeri 309 Ujung Bassiang Usia 10-11 Tahun.”
Skripsi Program Studi Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah Fakultas
Tarboyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Palopo.
Dibimbing oleh Sukirman Nurdjan dan Ahmad Munawir.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan bagaimana
pengaruh Game Free Fire Terhadap Keterampilan Berbahasa di Sekolah Dasar
Negeri 309 Ujung Bassiang usia 10-11 tahun 2023. Penelitian ini menerapkan
metode kuantitatif dengan pendekatan kualitatif. Pendekatan ini memungkinkan
pengumpulan data dilakukan secara langsung di lapangan, sehingga
memungkinkan pengamatannya terhadap subjek penelitian dalam konteks aslinya.
Subyek penelitian akan difokuskan pada siswa Sekolah Dasar Negeri 309 Ujung
Bassiang yang berusia 10-11 tahun. Instrumen penelitian yang akan digunakan
mencakup pedoman observasi, angket, pedoman wawancara, dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa game Free Fire berdampak pada
keterampilan berbahasa siswa. Sebagian besar siswa mengatakan bahwa game ini
meningkatkan kemampuan berbicara dan interaksi sosial. Data menunjukkan
78,1% siswa setuju bahwa Free Fire meningkatkan kelancaran berbicara, dan
wawancara mengkonfirmasi bahwa game ini dapat meningkatkan kepercayaan diri
dalam berkomunikasi. Namun, efek negatif juga terdeteksi, seperti penggunaan
kata-kata kasar dan gangguan pada waktu belajar. Oleh karena itu, diperlukan
bimbingan dari orang tua dan pendidik untuk memaksimalkan manfaat positif
sambil menghindari dampak negatifnya.
Kata Kunci: Game Free Fire, Keterampilan Bahasa, Anak Usia 10-11 Tahun
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Unnamed user with email musdalipa834@gmail.com |
Date Deposited: | 05 Aug 2024 01:53 |
Last Modified: | 05 Aug 2024 01:53 |
URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/9256 |
Actions (login required)
View Item |