PENGEMBANGAN E-MODUL BERBANTU APLIKASI FLIP PDF PROFESIONAL SUBTEMA 3 PERKEMBANGAN TEKNOLOGI KOMUNIKASI KELAS III DI SDN 111 BATUSITANDUK

FAJRIN, ASTRI IVANALI (2024) PENGEMBANGAN E-MODUL BERBANTU APLIKASI FLIP PDF PROFESIONAL SUBTEMA 3 PERKEMBANGAN TEKNOLOGI KOMUNIKASI KELAS III DI SDN 111 BATUSITANDUK. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of REPO.PDF] Text
REPO.PDF

Download (4MB)
[thumbnail of PUSTAKA.pdf] Text
PUSTAKA.pdf

Download (329kB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (329kB)

Abstract

ABSTRAK
Astri Ivanali Fajrin, 2024, “Pengembangan E-Modul berbantu Aplikasi Flip Pdf
Profesional Subtema 3 perkembangan teknologi komunikasi kelas III di
SDN 111 Batusitanduk.” Skripsi Program Studi Pendidikan Guru
Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama
Islam Negeri Palopo. Dibimbing oleh (1) Rosdiana dan Pembimbing (2)
Lilis Suryani
Penelitian ini bertujuan, (1) Untuk mengetahui analisis kebutuhan pengembangan
materi ajar Pengembangan E-Modul berbantu Aplikasi Flip Pdf Profesional
Subtema 3 perkembangan teknologi komunikasi kelas III di SDN 111
Batusitanduk. (2) untuk mengetahui desain E-Modul berbantu Aplikasi Flip Pdf
Profesional Subtema 3 perkembangan teknologi komunikasi kelas III di SDN 111
Batusitanduk. (3) untuk mengetahui validitas E-Modul subtema 3 perkembangan
teknologi komunikasi kelas III di SDN 111 Batusitanduk. (4) untuk mengetahui
kepraktisan E-Modul subtema 3 perkembangan teknologi komunikasi kelas III di
SDN 111 Batusitanduk.
Penelitian ini dilakukan di kelas III SDN 111 Batusitanduk dengan menggunakan
beberapa instrumen seperti: wawancara guru, angket siswa, kemudian dianalisi
secara kualitatif dan kuantitatif. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian
pengembangan Research and Development (R&D). Penelitian ini menggunakan
model pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 tahap:yaitu (1) tahap analisi, (2)
tahap design, (3) tahap develop (4) implementasi dan tahap evaluasi dan 4 tahap
diantaranya digunakan dalam peneliatain ini.
E-Modul dirancang berdasarkan hasil analisis yang menyatakan bahwa guru
hanya menggunakan bahan ajar berbentuk cetak saja sehingga kurang menarik
perhatian peserta didik. E-Modul yang telah dibuat selanjutnya divalidasi oleh 3
validator diantaranya: validator design, validator bahasa, dan validator materi.
Hasil rekapitulasi validasi kemudian dianalisis untuk mengetahui kevalidan
produk yang telah di jumlahkan dan bernilai sangat valid dengan nilai 84%
(sangat valid) dari ahli materi, selanjutnya nilai dari Hasil rekapitulasi validasi
ahli bahasa 81% (sangat valid), dan nilai dari ahli desain 81% (sangat valid)
sedangkan kepraktisan berada pada kisaran 95% (sangat praktis).
Kata kunci: Pengembangan E-Modul berbantu Aplikasi Flip Pdf Profesional

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email musdalipa834@gmail.com
Date Deposited: 05 Aug 2024 03:44
Last Modified: 05 Aug 2024 03:44
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/9262

Actions (login required)

View Item View Item