PENGEMBANGAN AUDIOVISUAL MELALUI PAIRED STORYTELLING BERBASIS CERITA RAKYAT PADA KETERAMPILAN MENYIMAK CERITA SISWA KELAS III DI SD NEGERI 4 LASUSUA

NURMIYANTI, NURMIYANTI (2024) PENGEMBANGAN AUDIOVISUAL MELALUI PAIRED STORYTELLING BERBASIS CERITA RAKYAT PADA KETERAMPILAN MENYIMAK CERITA SISWA KELAS III DI SD NEGERI 4 LASUSUA. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of REPO.PDF] Text
REPO.PDF

Download (5MB)
[thumbnail of PUSTAKA.pdf] Text
PUSTAKA.pdf

Download (154kB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (219kB)

Abstract

ABSTRAK
Nurmiyati, 2024. “Pengembangan Audiovisual Melalui Paired Storytelling
Berbasis Cerita Rakyat Pada Keterampilan Menyimak Cerita Siswa Kelas
III di Sd Negeri 4 Lasusua”. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru
Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama
Islam Negeri Palopo. Dibimbing oleh Baderiah dan Lilis Suryani.
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya dan tidak variatif media
belajar dan sumber bahan ajar di SD Negeri 4 Lasusua sehingga menyebabkan
sulitnya siswa dalam mempelajari materi keterampilan menyimak cerita. Guru
kurang memanfaatkan media dalam proses pembelajaran. Meningkatkan kualitas
pembelajaran dapat dilakukan dengan cara membuat media pembelajaran.
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh deskripsi tentang (1) Mendeskripsikan
analisis kebutuhan, (2) Mengetahui kevalidan pengembangan audiovisual, dan (3)
Mengetahui kepraktisan pengembangan audiovisual.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian pengembangan (Research and
Development) dengan prosedur 4D yang terdiri dari 4 tahapan yaitu: 1) define, (2)
design, (3) develop, dan (4) disseminate. Subjek penelitian ini adalah siswa di SD
Negeri 4 Lasusua kelas III. Analisis menggunakan analisis deskriptif kualitatif,
deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian
ini adalah dengan menggunakan aktivitas siswa yang dikumpulkan dengan
menggunakan lembar observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi.
Berdasarkan analisis kebutuhan yang telah peneliti dapatkan, bahwa kelas
III di SD Negeri 4 Lasusua membutuhkan media audiovisual. Kelayakan media
audiovisual berbasis cerita rakyat pada keterampilan menyimak cerita layak
digunakan sebagai media pembelajaran pada pembelajaran kelas III SD dapat
dilihat dari hasil perolehan validasi ahli materi sebesar 89%, ahli bahasa sebesar
82%, ahli media sebesar 80%, hasil respon pendidik terhadap kepraktisan media
audiovisual sebesar 84%, dan hasil respon siswa terhadap kepraktisan media
audiovisual sebesar 81%.
Kata kunci: Media audiovisual, cerita rakyat, keterampilan menyimak cerita

Item Type: Thesis (Other)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email musdalipa834@gmail.com
Date Deposited: 05 Aug 2024 06:01
Last Modified: 05 Aug 2024 06:01
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/9263

Actions (login required)

View Item View Item