MASDA, WINDA SARI (2024) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS MATERI GLOBALISASI PADA SISWA KELAS VI DI SDN 437 KARIAKO KABUPATEN LUWU. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.
Text
REPO.pdf Download (6MB) |
|
Text
PUSTAKA.pdf Download (147kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (8kB) |
Abstract
ABSTRAK
Winda Sari Masda, 2024. " Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe
Snowball Throwing dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPS Materi
Globalisasi Pada Siswa Kelas VI di SDN 437 Kariako Kabupaten
Luwu.". Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Perguruan Institut Agama Islam Negeri
(IAIN) Palopo. Dibimbing oleh (1) Dr. Hj. Nuryani, M.A. (2) Ahmad
Munawir. S.Pd.,M.Pd.
Model kooperatif tipe Snowball Throwing merupakan salah satu model
pembelajaran yang dapat membantu guru pada mata pelajaran IPS dengan materi
globalisasi. Adapun permasalahan dalam penelitian ini ialah kurang variatifnya
model pembelajaran yang digunakan guru sehingga antusias serta motivasi siswa
dalam mengikuti pembelajaran sangat kurang. Hal ini tentunya akan berdampak
pada hasil belajar siswa. Tujuan dari adanya penelitian ini yakni untuk
mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas VI di SDN 437 Kariako melalui
penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing khususnya
pada mata pelajaran IPS materi globalisasi. Penelitian ini merupakan penelitian
tindakan kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini ialah guru IPS dan siswa kelas
VI dengan jumlah siswa sebanyak 20 orang. Data penelitian diperoleh melalui
instrumen penelitian dalam bentuk lembar observasi siswa dan guru beserta tes.
Dari hasil penelitian yang telah dilakukan dapat diketahui bahwa aktivitas guru
pada siklus I memperoleh nilai rata-rata 3,46 dengan kategori cukup baik dan
meningkat pada siklus II dengan nilai rata-rata 4,82 dengan kategori baik sekali
selanjutnya aktivitas siswa pada siklus I memperoleh nilai rata-rata 3,20 dengan
kategori baik dan meningkat pada siklus II dengan memperoleh nilai rata-rata 4,90
dengan kategori baik sekali. Sedangkan hasil belajar siswa pada siklus I dengan
nilai persentase 40% hanya 8 siswa yang mencapai kriteria ketuntasan minimal
(KKM) dari 20 siswa yang ada. Adapun Pada siklus II meningkat menjadi 90%
atau 18 siswa yang tuntas dari 20 siswa. Dengan demikian dapat disimpulkan
bahwa penerapan model kooperatif tipe Snowball Throwing dalam mata pelajaran
IPS dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VI SDN 437 Kariako.
Kata Kunci: Model Kooperatif Tipe Snowball Throwing, Hasil Belajar, IPS
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Unnamed user with email musdalipa834@gmail.com |
Date Deposited: | 12 Aug 2024 01:35 |
Last Modified: | 12 Aug 2024 01:35 |
URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/9270 |
Actions (login required)
View Item |