PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA INTENSIF MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF INVESTIGASI KELOMPOK TERHADAP SISWA KELAS IV SD NEGERI 4 POREHU KEC. POREHU KAB. KOLAKA UTARA

B, MUHAMMAD FAIZAL (2024) PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA INTENSIF MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF INVESTIGASI KELOMPOK TERHADAP SISWA KELAS IV SD NEGERI 4 POREHU KEC. POREHU KAB. KOLAKA UTARA. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of REPO.PDF] Text
REPO.PDF

Download (2MB)
[thumbnail of PUSTAKA.pdf] Text
PUSTAKA.pdf

Download (132kB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (121kB)

Abstract

ABSTRAK
Muhammad Faisal.B, 2024: “Peningkatan Kemampuan Membaca Intensif
Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Investigasi Kelompok
terhadap Siswa Kelas IV SD Negeri 4 Porehu Kec. Porehu Kab. Kolaka
Utara” Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah.
Fakultas Tarbiah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Palopo.
Dibimbing Oleh Edhy Rustan dan Mirnawati
Skripsi ini membahas tentang Peningkatan Kemampuan Membaca Intensif
Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Investigasi Kelompok
terhadap Siswa Kelas IV SD Negeri 4 Porehu Kec. Porehu Kab. Kolaka Utara.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan membaca intensif siswa
Kelas IV dapat ditingkatkan melalui model pembelajaran kooperatif investigasi
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan
kelompok. Penelitian ini digolongkan ke dalam penelitian tindakan kelas
(Classroom Action Research).
Dari hasil penilaian pada siklus I berdasarkan interval nilai yang
ditetapkan, dua kelompok yang mendapatkan nilai di bawah 70% dan satu
kelompok yang mendapatkan nilai di atas 70%. Hal ini membuktikan bahwa dua
kelompok yang belum mencapai target yang ditentukan yaitu nilainya masih di
bawah 70%, artinya strategi pembelajaran kooperatif dalam membaca intensif
pada siswa kelas IV SD Negeri 04 Porehu Kec. Porehu, Kab.Kolaka Utara pada
siklus I belum berhasil dan akan diperbaiki pada siklus 2, sedangkan satu
kelompok yang dinyatakan sudah berhasil dengan nilai lebih dari sama dengan
70% dipertahankan pada siklus 2.
Pada siklus 2 Dari hasil penilaian berdasarkan interval nilai yang
ditetapkan, seluruh kelompok mendapatkan nilai di atas 70%. Tidak ada
kelompok yang mendapatkan nilai di bawah 70%, artinya strategi pembelajaran
kooperatif dalam membaca intensif sebuah teks cerita pada siswa kelas IV SD
Negeri 4 Porehu Kec. Porehu, Kab.Kolaka Utara dapat dinyatakan berhasil.
Berdasarkan uraian di atas, dapat di simpulkan bahwa model pembelajaran
kooperatif investigasi kelompok dapat meningkatkan kemampuan membaca
intensif pada siswa kelas IV SDN 4 Porehu Kec. Porehu, Kab.Kolaka Utara
Kata Kunci: Model Pembelajaran, Kooperatif Investigasi Kelompok, Membaca
Intensif

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email musdalipa834@gmail.com
Date Deposited: 12 Aug 2024 02:47
Last Modified: 12 Aug 2024 02:47
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/9275

Actions (login required)

View Item View Item