PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS CERPEN UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS XI SMA NEGERI 6 PALOPO MATERI PROGRAM LINEAR

YUSPA, ASSADDIAH (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS CERPEN UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS XI SMA NEGERI 6 PALOPO MATERI PROGRAM LINEAR. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri palopo.

[thumbnail of ABSTRACK.pdf] Text
ABSTRACK.pdf

Download (160kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (484kB)
[thumbnail of REPOSITORY.pdf] Text
REPOSITORY.pdf

Download (18MB)

Abstract

ABSTRAK
Assaddiah Yuspa, 2024. “Pengembangan Media Pembelajaran Matematika
Berbasis Cerpen untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas XI
SMA Negeri 6 Palopo Materi Program Linear”. Skripsi Program Studi
Pendidikan Matematika Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut
Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo. Dibimbing oleh Ino Sulistiani dan
Nasaruddin.
Skripsi ini membahas tentang Pengembangan Media Pembelajaran
Matematika Berbasis Cerpen untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas
XI SMA Negeri 6 Palopo Materi Program Linear. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui hasil akhir dari pengembangan media pembelajaran matematika
berbasis cerpen, validitas media, praktikalitas media, dan untuk mengetahui
keefektifan media pembelajaran yang dikembangkan.
Jenis Penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan
model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahap yaitu: analisis (Analysis),
desain (Design), pengembangan (Development), implementasi (Implementation),
dan evaluasi (Evaluation). Subjek penelitian ini adalah 28 siswa kelas XI SMA
Negeri 6 Palopo. Instrumen yang digunakan adalah lembar validasi ahli media,
materi, dan bahasa, angket praktikalitas dan angket motivasi belajar siswa. Teknik
analisis yang dilakukan adalah analisis kualitatif dan analisis kuantitatif.
Hasil pengembangan media pembelajaran ini adalah media pembelajaran
matematika berbasis cerpen. Rata-rata hasil validasi produk dari aspek media,
materi, dan bahasa sebesar 81,85% dengan kategori sangat valid. Rata-rata hasil uji
praktikalitas oleh guru dan siswa sebesar 89,55% dengan kategori sangat praktis.
Hasil uji efektivitas media pembelajaran berbasis cerpen ini dalam meningkatkan
motivasi belajar siswa dilihat dari uji N-gain sebesar 0,73 dengan kategori “tinggi”
dan persentase N-gain score sebesar 73% dengan kategori “cukup efektif”.
Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis
cerpen dapat meningkatkan motivasi belajar siswa.
Kata kunci: Media Pembelajaran, Cerpen, Motivasi

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 500 Ilmu Pengetahuan Alam, Sains, dan matematika > 510 Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Unnamed user with email hajrahikhlas@gmail.com
Date Deposited: 19 Aug 2024 03:00
Last Modified: 19 Aug 2024 03:00
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/9311

Actions (login required)

View Item View Item