TAMRIN, KARINA (2024) PENGEMBANGAN E-LEARNING BERBASIS WEB BLOG PADA MATERI PERSAMAAN LINEAR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DI SMP NEGERI 7 PALOPO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri palopo.
Text
ABSTRACK.pdf Download (57kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (151kB) |
|
Text
REPOSITORY.pdf Download (13MB) |
Abstract
ABSTRAK
Karina Tamrin, 2024. “Pengembangan E-Learning Berbasis Web blog pada
Materi Persamaan Linear untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik
di SMP Negeri 7 Palopo”. Skripsi Program Studi Pendidikan Matematika
Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN)
Palopo. Dibimbing oleh Lisa Aditya Dwiwansyah Musa dan Aishiyah
Saputri Laswi.
Skripsi ini membahas tentang pengembangan media pembelajaran
matematika e-learning berbasis web blog untuk meningkatkan hasil belajar peserta
didik di SMP Negeri 7 Palopo. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas
media, praktikalitas media, dan untuk mengetahui keefektifan media pembelajaran
yang dikembangkan.
Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D), dengan
model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahapan yaitu analisis
(Analysis), desain (Design), pengembangan (Development), implementasi
(Implementation), evaluasi (Evaluation). Subjek penelitian ini adalah 17 siswa
kelas VII SMP Negeri 7 Palopo. Instrumen yang digunakan adalah lembar validasi
ahli media dan materi, angket praktikalitas dan tes hasil belajar peserta didik.
Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data deskriptif kualitatif dan
analisis data deskriptif kuantitatif.
Hasil pengembangan media pembelajaran e-learning berbasis web blog
yaitu berupa blog media pembelajaran khususnya pada materi persamaan linear.
Hasil validasi ahli media memperoleh rata-rata 79,2% dengan kategori “valid”,
sedangkan hasil uji rekapitulasi validasi ahli materi memperoleh rata-rata 93,3%
dengan kategori “sangat valid” dan hasil rekapitulasi ahli media dan ahli materi
memperoleh rata-rata 86,25% dengan kategori “sangat valid”. Hasil uji praktikalitas
oleh peserta didik memperoleh rata-rata 83,1% dengan kategori “sangat praktis”.
Hasil uji efektivitas media pembelajaran e-learning berbasis web blog dalam
meningkatkan hasil belajar peserta didik dilihat dari uji N-gain sebesar 61,42%
dengan kategori “sedang” berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa
media pembelajaran e-learning berbasis web blog dapat meningkatkan hasil belajar
peserta didik SMP Negeri 7 Palopo.
Kata Kunci : E-learning, Web Blog, Persamaan Linear, Hasil Belajar
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 500 Ilmu Pengetahuan Alam, Sains, dan matematika > 510 Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Unnamed user with email hajrahikhlas@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Aug 2024 03:05 |
Last Modified: | 19 Aug 2024 03:05 |
URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/9312 |
Actions (login required)
View Item |