SARI, WANDA (2023) MANAJEMEN SARANA DAN PRASARANA DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK DI SMPN 3 PALOPO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri palopo.
Text
ABSTRACK.pdf Download (73kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (76kB) |
|
Text
REPOSITORY.PDF Download (6MB) |
Abstract
ABSTRAK
Wandasari, 2022.“Manajemen Sarana Dan Prasarana Dalam Meningkatkan Prestasi
Belajar Peserta Didik Di SMPN 3 Palopo”.Skripsi Program Studi
Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan
Institut Agama Islam Negeri Palopo. Dibimbing oleh Hilal Mahmud dan
Tasdin Tahrim.
Penelitian ini mengkaji tentang manajemen sarana dan prasarana dalam menin
gkatkan prestasi belajar peserta didik di SMPN 3 Palopo. Penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui untuk mengetahui gambaran prestasi belajar peserta didik di
SMPN 3 Palopo dan untuk mengetahui penerapan manajemen sarana dan prasarana
dalam meningkatkan prestasi belajar peserta didik di SMPN 3 Palopo.
Jenis penelitian ini termasuk ke dalam penelitian Kualitatif dengan teknik
pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi.
Teknik analisis data dilakukan menggunakan teknik analisis data kualitatif versi
Miles dan Huberman, aktivitas dalam analisis data kualitatif dilakukan secara
interaktif dan berlangsung secara terus-menerus sampai tuntas sehingga datanya
jenuh.
Hasil penelitian ini ialah 1) Gambaran prestasi yang diraih oleh peserta didik
SMPN 3 Palopo ini sangatlah menonjol dan dapat bersaing dengan sekolah-sekolah
lainnya baik ditingkat Kabupaten, Provinsi maupun di tingkat Nasional. Prestasi yang
diraih peserta didik tersebut bukan hanya dibidang Akademik tetapi di bidang
olahraga, peserta didik Smp Negeri 3 Palopo juga sangat berprestasi. 2) (a) Proses
penerapan manajemen sarana dan prasarana yang ada di SMPN 3 Palopo adalah
diawali dengan proses perencanaan dimana proses perencanaan berasal dari
kebutuhan setiap guru bidang studi, kemudian proses pengadaan dimana dilakukan
pembuatan proposal dan diajukan ke RKAS kemudian didistribusikan ada tiga yaitu
menyusun alokasi barang, melakukan pengiriman barang dan penyerahan barang.
Dan semua berdasarkan keutuhan setiap guru mata pelajaran, kemudian proses
inventarisasian kepada pengarsipan barang sekolah, kemudian dalam proses
manajemen sarana dan prasarana juga terdapat pemeliharaan yang tidak menentu,
kemudian penghapusan dimana memiliki batas waktu tertentu tetapi membuat satu
file sarana dan prasarana yang sudah tidak layak pakai untuk diusulkan ke Aset
Kota(tempat penyimpanan barang di Kota Palopo). Setelah itu ada juga proses
tanggung jawab, dimana yang bertanggung jawab terhadap sarana dan prasarana
tersebut masing-masing dari guru mata pelajaran itu sendiri. (b) Dengan tersedianya
sarana dan prasarana yang bisa digunakan peserta didik untuk terus mengasah
ilmunya sehingga bisa meningkatkan prestasi yang dimiliki, dengan itu peserta didik
bisa mengharumkan nama sekolahnya dengan penghargaan-penghargaan yang diraih
ketika mengikuti berbagai ajang perlombaan.
Kata kunci: Manajemen Sarana dan Prasarana, Prestasi Peserta Didik.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu sosial > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email hajrahikhlas@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Aug 2024 03:11 |
Last Modified: | 19 Aug 2024 03:11 |
URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/9314 |
Actions (login required)
View Item |