PENGEMBANGAN E-MODUL PEMBELAJARAN BERBANTUAN CANVA HEYZINE FLIPBOOKS PADA MATERI BANGUN DATAR UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VII SMP NEGERI 3 PALOPO

SUSANTI, HELMI (2024) PENGEMBANGAN E-MODUL PEMBELAJARAN BERBANTUAN CANVA HEYZINE FLIPBOOKS PADA MATERI BANGUN DATAR UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VII SMP NEGERI 3 PALOPO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri palopo.

[thumbnail of ABSTRACK.pdf] Text
ABSTRACK.pdf

Download (99kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (146kB)
[thumbnail of REPOSITORY.pdf] Text
REPOSITORY.pdf

Download (13MB)

Abstract

ABSTRAK
Helmi Susanti, 2024. “Pengembangan E-Modul Pembelajaran Berbantuan Canva
Heyzine Flipbooks pada Materi Bangun Datar untuk Meningkatkan
Motivasi Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Palopo”. Skripsi
Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Tarbiyah dan Ilmu
Keguruan Institut Agama Islam Negeri Palopo (IAIN) Palopo.
Dibimbing oleh Sumardin Raupu dan Sitti Zuhaerah Thalhah.
Skripsi ini membahas tentang Pengembangan E-Modul Pembelajaran
Berbantuan Canva Heyzine Flipbooks pada Materi Bangun Datar untuk
Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Palopo. Penelitian
ini bertujuan untuk mengetahui validitas, praktikalitas, efektivitas, dan prototype
akhir E-Modul pembelajaran Bangun Datar.
Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D), dengan model
pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahapan yaitu: Analisis (Analyze),
Desain (Design), Pengembangan (Development), Implementasi (Implementation),
dan Evaluasi (Evaluation). Subjek penelitian ini adalah 25 siswa kelas VII B SMP
Negeri 3 Palopo. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi, lembar
pedoman wawancara guru, lembar validasi angket praktikalitas siswa, lembar
validasi angket ahli materi dan ahli media serta lembar angket motivasi belajar
siswa sebelum dan sesudah menggunakan E-Modul pembelajaran. Teknik analisis
data yang digunakan adalah analisis kualitatif dan analisis kuantitatif.
Hasil Pengembangan E-Modul pembelajaran berbantuan Canva Heyzine
Flipbooks dengan hasil validasi produk oleh ahli media dan ahli materi dengan
kategori “sangat valid”. Hasil uji praktikalitas oleh siswa memenuhi kategori
“sangat praktis”. Hasil uji efektivitas E-Modul pembelajaran berbantuan Canva
Heyzine Flipbooks untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas VII SMP
Negeri 3 Palopo dilihat dari hasil uji N-Gain dengan kategori “sedang”.
Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa E-Modul pembelajaran
berbantuan Canva Heyzine Flipbooks pada Materi Bangun Datar cukup efektif
digunakan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Prototype akhir E-Modul
pembelajaran Bangun Datar yaitu terdiri dari sampul, menu yang memuat sampul,
petunjuk penggunaan, daftar isi, identitas dan informasi umum, langkah-langkah
pembelajaran, kegiatan pembelajaran, materi, contoh soal, kuis, referensi dan
penutup, dengan tombol yang bisa mengarahkan ke slide tujuan pengguna inginkan.
Kata kunci: E-Modul Pembelajaran, Canva, Heyzine Flipbooks, Bangun datar,
Motivasi Belajar Siswa

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Ilmu sosial > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Unnamed user with email hajrahikhlas@gmail.com
Date Deposited: 19 Aug 2024 03:17
Last Modified: 19 Aug 2024 03:17
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/9315

Actions (login required)

View Item View Item