RAHMAT, NURUL FADILA (2024) PENGARUH LITERASI KEUANGAN SYARIAH DAN RELIGIUSITAS TERHADAP ADOPSI PRODUK TABUNGAN HAJI DI BANK SYARIAH INDONESIA (BSI). Other thesis, Institut Agama Islam Negeri palopo.
Text
ABSTRACK.pdf Download (266kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (1MB) |
|
Text
REPOSITORY.PDF Download (7MB) |
Abstract
ABSTRAK
Nurul Fadila Rahmat, 2024.“Pengaruh Literasi Keuangan Syariah dan
Religiusitas Terhadap Adopsi Produk Tabungan Haji di Bank Syariah
Indonesia (BSI)”. Skripsi Program Studi Perbankan Syariah Fakultas
Ekonomi dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri Palopo. Dibimbing
oleh Adzan Noor Bakri.
Skripsi ini membahas tentang Pengaruh Literasi Keuangan Syariah dan
Religiusitas Terhadap Adopsi Produk Oleh Masyarakat Menggunakan Produk
Tabungan Haji di BSI. Penelitian ini bertujuan membuktikan pengaruh langsung
literasi keuangan syariah dan religiusitas terhadap adopsi produk tabungan haji di
BSI.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Adapun populasi dalam
penelitian ini yakni masyarakat yang telah menggunakan produk tabungan haji di
Desa Pacciro. Sampel penelitian ini sebanyak 136 responden, diambil melalui
teknik pengumpulan sampel dengan simple random sampling (random sederhana).
Teknik pengumpulan data dalam penelitian menggunakan angket/kuesioner,
selanjutnya teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis
regresi linear berganda dengan menggunakan uji asumsi klasik, uji t, uji f, dan uji
koefisien determinasi R2 dengan bantuan program SPSS 22.
Dalam penelitian ini, ditemukan bahwa terdapat hubungan yang signifikan
antara literasi keuangan syariah dan religiusitas dengan adopsi produk tabungan
haji di BSI. Analisis statistik menunjukkan bahwa koefisien korelasi antara literasi
keuangan syariah dan religiusitas terhadap adopsi produk tabungan haji adalah
0,752 artinya terdapat hubungan yang kuat antara variabel independen dengan
variabel dependen. Hal ini menunjukkan bahwa semakin tinggi tingkat literasi
keuangan syariah dan religiusitas seseorang, semakin besar kemungkinan mereka
untuk mengadopsi produk tabungan haji di BSI.
Temuan dari penelitian tersebut dapat memberikan wawasan yang
berharga bagi strategi pemasaran produk keuangan syariah. Dengan mengetahui
bahwa literasi keuangan syariah dan religiusitas mempengaruhi adopsi produk,
institusi keuangan dapat mengarahkan upaya pemasaran mereka untuk lebih
menekankan pada edukasi dan komunikasi yang mengedepankan nilai-nilai Islam.
Selain itu, pemahaman lebih dalam tentang bagaimana faktor-faktor ini
memengaruhi keputusan ekonomi individu dapat membantu dalam merancang
produk-produk yang lebih sesuai dengan kebutuhan dan preferensi masyarakat
Muslim. Misalnya, menyertakan fitur-fitur yang menarik bagi mereka yang
memiliki tingkat religiusitas yang tinggi atau menyediakan sumber daya
pendidikan keuangan yang berfokus pada prinsip-prinsip syariah.
Kata Kunci : Literasi Keuangan Syariah, Religiusitas, Adopsi Produk Tabungan
Haji Di BSI.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu sosial > 332.1 Bank, Perbankan |
Divisions: | Fakultas Ekonomi Bisnis Islam > Program Studi S-1 Perbankan Syariah |
Depositing User: | Unnamed user with email hajrahikhlas@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Aug 2024 06:47 |
Last Modified: | 19 Aug 2024 06:47 |
URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/9322 |
Actions (login required)
View Item |