BISNIS BERBASIS DIGITAL: PENERAPAN ETIKA BISNIS ISLAM DALAM TRANSAKSI BISNIS ONLINE E-COMMERCE (Studi Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Palopo)

PITRIYANI, PITRIYANI (2024) BISNIS BERBASIS DIGITAL: PENERAPAN ETIKA BISNIS ISLAM DALAM TRANSAKSI BISNIS ONLINE E-COMMERCE (Studi Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Palopo). Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of REPO.pdf] Text
REPO.pdf

Download (4MB)
[thumbnail of PUSTAKA.pdf] Text
PUSTAKA.pdf

Download (426kB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (309kB)

Abstract

ABSTRAK
Pitriyani, 2024.“Bisnis Berbasis Digital : Penerapan Etika Bisnis Islam Dalam
Transaksi Bisnis Online E-commerce (Studi Kasus Mahasiswa
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Palopo). Skripsi
Program Studi Ekonomi Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Islam Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo. Dibimbing
oleh Dr. Fasiha, S.E.I., M.E.I.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan etika bisnis islam
dalam transaksi bisnis online E-commerce mahasiswa FEBI IAIN Palopo.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan
fenomenolgi yang dilaksanakan di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN
Palopo pada bulan Mei 2024. Sumber data diambil dari hasil wawancara dengan
mahasiswa. Instrumen penelitian yang digunakan berupa pedoman wawancara,
dan dokumentasi. Teknik pengumpulan data yaitu menggunakan teknik observasi,
wawancara dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini adalah mahasiswa
prodi Ekonomi Syariah angkatan 2020. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
mahasiswa Prodi Ekonomi Syariah Angkatan 2020 FEBI IAIN Palopo telah
mengimplementasikan prinsip-prinsip etika bisnis Islam dalam bisnis online yaitu
prinsip tauhid
dengan menjalankan bisnis dengan penuh kejujuran, penuh
tanggung jawab, integritas, dan tidak melalaikan kewajiban sebagai umat muslim,
terhindar dari praktik kotor, hingga menjaga kualitas produk yang baik. Prinsip
keseimbangan diterapkan dengan bertindak adil dan tanpa diskriminasi terhadap
konsumen. Prinsip kehendak bebas diterapkan dengan memberikan kebebasan
kepada konsumen untuk melakukan tawar menawar terhadap harga, konsumen
tidak pernah dipaksa untuk membeli produk tersebut serta selalu melakukan
inovasi terhadap produk. Prinsip tanggung jawab diwujudkan dengan
menyediakan produk sesuai permintaan konsumen, meningkatkan transparansi,
menyikapi permasalahan secara cermat, dan berupaya mencari solusi untuk
mengatasinya. Prinsip kebenaran diterapkan dengan menjual produk yang
berkualitas, tidak menyembunyikan cacat produk, dan tidak saling merendahkan
dalam berbisnis.
Kata
Kunci:
Etika
Bisnis
Islam,
Bisnis
Online,
E-commerce

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Agama > 2X6.3 Ekonomi Islam, Sistem Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi Bisnis Islam > Program Studi S-1 Ekonomi Syariah
Depositing User: Unnamed user with email musdalipa834@gmail.com
Date Deposited: 22 Aug 2024 01:34
Last Modified: 22 Aug 2024 01:34
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/9344

Actions (login required)

View Item View Item