PENINGKATAN KETERAMPILAN SENI ANAK USIA DINI MELALUI KEGIATAN DAUR ULANG BAHAN BEKAS PADA KELAS A BANANA TK PARAMATA BUNDA KOTA PALOPO

ALFIA, ALFIA (2024) PENINGKATAN KETERAMPILAN SENI ANAK USIA DINI MELALUI KEGIATAN DAUR ULANG BAHAN BEKAS PADA KELAS A BANANA TK PARAMATA BUNDA KOTA PALOPO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri palopo.

[thumbnail of ABSTRACK.pdf] Text
ABSTRACK.pdf

Download (79kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (126kB)
[thumbnail of REPOSITORY.pdf] Text
REPOSITORY.pdf

Download (7MB)

Abstract

xxiv
ABSTRAK
Alfia 2023. “ Peningkatan Keterampilan Seni Anak Usia Dini melalui Kegiatan Daur
Ulang Bahan Bekas Pada Kelas A Banana TK Paramata Bunda Kota
Palopo Provinsi Sulawesi Selatan 2024”. Skripsi Program Studi Pendidikan
Islam Anak Usia Dini Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama
Islam Negeri Palopo. Dibimbing oleh Lisa Aditya Dwiwansyah Musa dan
Eka Poppi Hutami.
Skripsi ini membahas tentang peningkatan pengetahuan seni anak melalui
kegiatan daur ulang bahan bekas pada kelas A banana TK Paramata Bunda Kota
Palopo. Penelitian ini bertujuan meningkatkan pengetahuan seni anak khususnya
dalam daur ulang bahan bekas di TK Paramata Bunda Kota Palopo.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK), dengan 2 siklus
yaitu siklus I terdiri dari 4 kali pertemuan dan siklus II 4 pertemuan Subjek penelitian
ini adalah Anak Kelas A Banana TK Paramata Bunda Kota Palopo tahun 2023/2024
yang berjumlah 10 orang. Metode pemecahan masalah digunakan yaitu menerapkan
proses belajar mengajar menggunakan bahan bekas untuk meningkatkan pengetahuan
seni anak yang diperoleh dari hasil wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik
analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data secara
deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Keberhasilan penelitian ini dengan skor hasil
penelitian yang menunjukkan hasil belajar anak.
Skor pada kondisi awal atau pra tindakan sebesar 42% dari semua indikator
dan belum memenuhi kategori baik. Siklus I dengan rata-rata skor observasi sebesar
60% dari semua jumlah indikator dan belum memenuhi kategori baik. Siklus II
dengan rata-rata skor 82% secara keseluruhan dari semuaa jumlah indikator dan
mencapai kategori baik. Dengan demikian, penelitian tindakan kelas (PTK) ini
berhasil karena disetiap siklus mengalami peningkatan
Kata Kunci: bahan bekas, daur ulang, pengetahuan

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Ilmu sosial > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Unnamed user with email hajrahikhlas@gmail.com
Date Deposited: 26 Aug 2024 01:37
Last Modified: 26 Aug 2024 01:37
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/9356

Actions (login required)

View Item View Item