PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN SUBTEMA KEWAJIBAN DAN HAKKU DI RUMAH BERBASIS NILAI-NILAI KEISLAMAN PADA PESERTA DIDIK KELAS III SDN 111 BATUSITANDUK KABUPATEN LUWU

RUSDING, ST. NURMALA BINTI (2024) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN SUBTEMA KEWAJIBAN DAN HAKKU DI RUMAH BERBASIS NILAI-NILAI KEISLAMAN PADA PESERTA DIDIK KELAS III SDN 111 BATUSITANDUK KABUPATEN LUWU. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri palopo.

[thumbnail of ABSTRACK.pdf] Text
ABSTRACK.pdf

Download (96kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (105kB)
[thumbnail of REPOSITORY.PDF] Text
REPOSITORY.PDF

Download (10MB)

Abstract

ABSTRAK
ST. NURMALA BINTI RUSDING, 2024. “Pengembangan Modul Pembelajaran
Subtema Kewajiban dan Hakku di Rumah Berbasis Nilai-Nilai Keislaman
Pada Peserta Didik Kelas III SDN 111 Batusitanduk Kabupaten Luwu”.
Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas
Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Palopo.
Dibimbing oleh Muhaemin dan Nur Rahmah.
Skripsi ini membahas tentang pengembangan bahan ajar cetak berupa
Modul Pembelajaran Subtema Kewajiban dan Hakku di Rumah berbasis Nilai-Nilai
Keislaman pada Peserta didik Kelas III SDN 111 Batusitanduk Kabupaten Luwu.
Tujuan penelitian ini adalah untuk; mendeskripsikan hasil pengembangan modul
pembelajaran subtema kewajiban dan hakku di rumah berbasis nilai-nilai keislaman
pada peserta didik kelas III SDN 111 Batusitanduk memenuhi kriteria valid dan
untuk mendeskripsikan hasil pengembangan modul pembelajaran subtema
kewajiban dan hakku di rumah berbasis nilai-nilai keislaman pada peserta didik
kelas III SDN 111 Batusitanduk memenuhi kriteria praktis.
Penelitian ini berjenis R&D (Research and Development) atau biasa disebut
penelitian pengembangan dengan menggunakan model 4D yang terdiri atas empat
tahapan yakni; (1). Tahap Analysis, (2). Tahap Design, (3). Tahap Development,
(4). Tahap Disseminate. Penelitian dilakukan di SDN 111 Batusitanduk, dan yang
bertindak sebagai subjek pada penelitian ini adalah peserta didik kelas III yang
berjumlah 23 orang peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan
instrumen berupa lembar wawancara dan angket peserta didik yang dijabarkan
dengan analisis data deskriptif. Sedangkan Teknik analisis data menggunakan
rumus likert.
Penelitian ini menghasilkan sebuah produk berupa modul pembelajaran
yang dievaluasi oleh 3 orang ahli, yaitu ahli keagamaan sebesar 95% dengan
kategori sangat valid, ahli materi sebesar 87,5% dengan kategori sangat valid, dan
ahli bahasa sebesar 88,8% dengan kategori sangat valid. Sementara itu, hasil uji
praktikalitas mendapatkan nilai presentase sebesar 82,5% (sangat praktis). Dengan
demikian, dapat disimpulkan bahwa pengembangan modul pembelajaran subtema
kewajiban dan hakku di rumah berbasis nilai-nilai keislaman pada peserta didik
kelas III SDN 111 Batusitanduk Kabupaten Luwu dikatakan valid dan layak
digunakan.
Kata Kunci: Pengembangan Bahan ajar, Modul Pembelajaran, Nilai-Nilai
Keislaman, SDN 111 Batusitanduk

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Ilmu sosial > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email hajrahikhlas@gmail.com
Date Deposited: 26 Aug 2024 01:43
Last Modified: 26 Aug 2024 01:43
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/9357

Actions (login required)

View Item View Item