MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA BIG BOOK PADA PESERTA DIDIK KELAS I SDN 668 POMPENGAN KECAMATANLAMASI TIMUR

ADRIANA, ADRIANA (2024) MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA BIG BOOK PADA PESERTA DIDIK KELAS I SDN 668 POMPENGAN KECAMATANLAMASI TIMUR. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri palopo.

[thumbnail of ABSTRACK.pdf] Text
ABSTRACK.pdf

Download (83kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (92kB)
[thumbnail of REPOSITORY.pdf] Text
REPOSITORY.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK
Adriana, 2024: “Meningkatkan Ketrerampilan Membaca Permulaan dengan
Menggunakan Media Big Book pada Peserta Didik Kelas I SDN 668
Pompengan Kecamatan Lamasi Timur”. Skripsi Program Studi Pendidikan
Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Perguruan Institut
Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo. Pembimbing (1) Nursyamsi,
Pembimbing (2) Nurul Aswar.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan media big book dalam
peningkatan keterampilan membaca permulaan dan untuk mengetahui bagaimana
peningkatan keterampilan membaca permulaan dengan menggunakan media big book
pada peserta didik kelas I SDN 668 Pompengan.
Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK),
penelitian ini menggunakan metode penelitian Tindakan kelas Kurt Lewin, ia
menjelaskan bahwa ada 4 hal yang harus dilakukan dalam proses penelitian Tindakan
kelas ini, yaitu perencanaan, tindakan/pelaksanaan, observasi dan refleksi. Teknik
pengumpulan data yang dilakukan yaitu observasi, dokumentasi dan tes. Data analisis
secara deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Instrument yang digunakan dalam
penelitian ini adalah Rancangan Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), lembar observasi
yaitu guru dan siswa serta tes untuk mengukur keterampilan membaca permulaan
siswa.
Dari hasil penelitian yang dilakukan dapat diketahui bahwa peningkatan
keterampilan membaca permulaan dengan menggunakan media Big Book
memperoleh nilai rata-rata 59,47 pada tahap pratindakan. Siklus I sampai dengan
siklus II indikator keberhasilan yang ditentukan dapat tercapai. Siswa menjadi lebih
aktif dan antusias dalam mengikuti kegiatan pembelajaran, sehingga suasana
pembelajaran menjadi lebih hidup. Selain itu, keterampilan membaca permulaan
siswa mengalami peningkatan sebesar 25,21 yaitu nilai rata-rata tes membaca
pratindakan sebesar 59,47 meningkat menjadi 84, 68 pada tes membaca pratindakan
siklus II. Pencapaian KKM juga mengalami peningkatan sebesar 94, 73% pada siklus
II. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media big book dapat
meningkatkan keterampilan membaca permulaan pada siswa kelas I SDN 668
Pompengan Kecamatan Lamasi Timur.
Kata Kunci: Media Big Book, Keterampilan Membaca Permulaan

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 400 Ilmu Bahasa, Kebahasaan > 418.4 Membaca
Depositing User: Unnamed user with email hajrahikhlas@gmail.com
Date Deposited: 26 Aug 2024 01:56
Last Modified: 26 Aug 2024 01:56
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/9359

Actions (login required)

View Item View Item