PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN KETERAMPILAN BERBICARA TERINTEGRASI PRACTICE REHEARSAL PAIRS PADA MATERI TEKS EKSPLANASI DI KELAS V SDN 92 KARETAN

PUTRI, ANGGITA (2024) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN KETERAMPILAN BERBICARA TERINTEGRASI PRACTICE REHEARSAL PAIRS PADA MATERI TEKS EKSPLANASI DI KELAS V SDN 92 KARETAN. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri palopo.

[thumbnail of ABSTRACK.pdf] Text
ABSTRACK.pdf

Download (79kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (131kB)
[thumbnail of REPOSITORY.pdf] Text
REPOSITORY.pdf

Download (79kB)

Abstract

ABSTRAK
Anggita Putri, 2024. “Pengembangan Modul Pembelajaran Keterampilan
Berbicara terintegrasi Practice Rehearsal Pairs pada Materi teks
Eksplanasi di Kelas V SDN 92 Karetan”. Skripsi Program Studi
Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu
Keguruan Institut Agama Islam Negeri Palopo. Dibimbing oleh
Muhammad Guntur dan Mirnawati.
Skripsi ini merupakan sebuah studi tentang Pengembangan Modul Pembelajaran
Keterampilan Berbicara terintegrasi Practice Rehearsal Pairs pada Materi Teks
Eksplanasi di Kelas V SDN 92 Karetan. Tujuan penelitian ini adalah untuk:
mengetahui analisis kebutuhan Modul Pembelajaran Keterampilan Berbicara
terintegrasi Practice Rehearsal Pairs pada Materi Teks Eksplanasi di Kelas V
SDN 92 Karetan; menghasilkan rancangan Modul Pembelajaran Keterampilan
Berbicara terintegrasi Practice Rehearsal Pairs pada Materi Teks Eksplanasi di
Kelas V SDN 92 Karetan; serta mengevaluasi kevalidan dan kepraktisan Modul
Pembelajaran Keterampilan Berbicara terintegrasi Practice Rehearsal Pairs pada
Materi Teks Eksplanasi di Kelas V SDN 92 Karetan.
Penelitian ini adalah jenis R&D (Research and Development) yang menggunakan
model pengembangan 4D (Four-D). Penelitian dilakukan di SDN 92 Karetan
melalui observasi proses pembelajaran serta wawancara dengan guru kelas.
Subjek penelitian adalah peserta didik kelas V, sedangkan objek penelitian adalah
modul pembelajaran yang dikembangkan. Validitas produk dievaluasi
menggunakan instrumen angket dengan skala likert yang diisi oleh dosen ahli.
Sedangkan, kepraktisan dievaluasi oleh guru kelas ketika menggunakan produk
secara langsung.
Penelitian ini menghasilkan sebuah produk berupa modul pembelajaran yang
dinilai oleh 3 ahli yaitu ahli desain dengan nilai 80% (kategori valid), ahli materi
dengan nilai 80% (kategori valid), dan ahli bahasa dengan nilai 80% (kategori
valid) serta rata- rata persentase nilai dari ketiganya adalah 80% (kategori valid).
Sementara itu, hasil uji praktikalitas menunjukkan nilai persentase 82% (kategori
sangat praktis). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa modul pembelajaran
yang telah dikembangkan memenuhi kriteria kelayakan dan kepraktisan, serta
dapat digunakan sebagai alat bantu dalam proses pembelajaran. Penggunaan
bahan ajar ini mempermudah guru dalam mengembangkan keterampilan berbicara
dan membantu peserta didik dalam memahami materi dengan lebih efektif.
Kata kunci: Pengembangan Modul Pembelajaran, Practice Rehearsal Pairs,
Teks Eksplanasi

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Ilmu sosial > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email hajrahikhlas@gmail.com
Date Deposited: 26 Aug 2024 02:10
Last Modified: 26 Aug 2024 02:10
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/9361

Actions (login required)

View Item View Item