CORAH, CORAH (2024) PENGEMBANGAN MODUL AJAR BERBASIS PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DAN PROFIL PELAJAR RAHMATAN LIL ALAMIN (P5-PPRA) MUATAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS I MI DDI 1 PALOPO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.
Text
REPO.PDF Download (9MB) |
|
Text
PUSTAKA.pdf Download (331kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (330kB) |
Abstract
ABSTRAK
Corah, 2024. “Pengembangan Modul Ajar Berbasis Penguatan Profil Pelajar
Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan Lil Alamin (P5-PPRA) Muatan
Pembelajaran Matematika di Kelas I MI DDI 1 Palopo”. Skripsi Program
Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu
Keguruan Institut Agama Islam Negeri Palopo. Dibimbing oleh Andi
Riawarda dan Hisbullah.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui analisis kebutuhan modul ajar
berbasis (P5-PPRA), mengetahui proses pengembangan modul ajar berbasis
penguatan (P5-PPRA), mengetahui tingkat kevalidan modul ajar berbasis (P5
PPRA), dan mengetahui tingkat kepraktisan dari modul ajar berbasis penguatan
profil pelajar pancasila dan profil pelajar rahmatan lil alamin (P5-PPRA) muatan
pembelajaran matematika di kelas I MI DDI 1 Palopo.
Penelitian ini dilakukan di MI DDI 1 Palopo, Jenis penelitian ini adalah
penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan
menggunakan model pengembanggan ADDIE (Analysis, Design, Development,
Implementation, Evaluation). Penelitian ini menghasilkan sebuah produk berupa
modul ajar berbasis (P5-PPRA), dengan populasi siswa kelas I MI DDI 1 Palopo.
Pengambilan jumlah sampel 21 responden, Metode yang digunakan adalah mix
methods yang terdiri atas empat tipe yaitu embedded, explanatory, exploratory, dan
triangulation.
Hasil analisis penelitian ini menunjukkan bahwa modul ajar berbasis
penguatan profil pelajar pancasila dan profil pelajar rahmatan lil alamin (P5-PPRA)
dengan muatan pembelajaran matematika pada materi operasi penjumlahan dan
pengurangan di kelas I MI DDI 1 Palopo memiliki tingkat kepraktisan yang sangat
tinggi. Nilai akhir yang diperoleh dari hasil uji kepraktisan adalah sebesar 98,65%,
yang termasuk dalam kategori sangat praktis, berdasarkan respon dari 21 peserta
didik dalam uji coba terbatas. Selain itu, seorang pendidik yang juga merupakan
guru kelas I memberikan nilai akhir dari uji kepraktisan sebesar 100%, yang juga
masuk dalam kategori sangat praktis.
Kata Kunci: Modul Ajar, Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Profil
Pelajar Rahmatan Lil Alamin (P5-PPRA), Pembelajaran Matematika.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Unnamed user with email musdalipa834@gmail.com |
Date Deposited: | 26 Aug 2024 02:17 |
Last Modified: | 26 Aug 2024 02:17 |
URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/9364 |
Actions (login required)
View Item |