HASDI, KHOPIPA (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBASIS VIDEO ANIMASI PADA MATERI MENGHINDARI GIBAH DAN MELAKSANAKAN TABAYUN DI SMP NEGERI 8 PALOPO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.
Text
REPO.pdf Download (6MB) |
|
Text
PUSTAKA.pdf Download (390kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (163kB) |
Abstract
ABSTRAK
Khopipa Hasdi, 2024. Pengembangan Media Pembelajaran Pendidikan Agama
Islam Berbasis Video Animasi pada Materi Menghindari Gibah dan
Melaksankan Tabayun di SMP Negeri 8 Palopo. Skripsi Program Studi
Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut
Agama Islam Negeri Palopo. Dibimbing oleh Kaharuddin dan Hasriadi.
Penelitian ini Bertujuan: (1) Untuk mengetahui analisis kebutuhan siswa
terhadap pengembangan media pembelajaran pendidikan agama Islam berbasis
video animasi pada materi menghindari gibah dan melaksankan tabayun di SMP
Negeri 8 Palopo (2) untuk mengetahui validitas media pembelajaran pendidikan
agama Islam berbasis video animasi pada materi menghindari gibah dan
melaksankan tabayun di SMP Negeri 8 Palopo (3) untuk mengetahui praktikalitas
media pembelajaran pendidikan agama Islam berbasis video animasi pada materi
menghindari gibah dan melaksankan tabayun di SMP Negeri 8 Palopo.
Penelitian yang dilakukan menggunakan jenis penelitian pengembangan
atau Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE
(Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Penelitian ini
dilakukan di SMP Negeri 8 Palopo. Subjek dalam penelitian ini yaitu guru dan
siswa kelas VII yang berjumlah 19 orang, dan objek penelitian ini yaitu media
pembelajaran pendidikan agama Islam berbasis video animasi pada materi
menghindari gibah dan melaksankan tabayun. Teknik pengumpulan data yang
digunakan yaitu observasi, wawancara, dan pemberian angket kepada guru dan
siswa. Data yang diperoleh kemudian dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif.
Penelitian ini menghasilkan media pembelajaran pendidikan agama Islam
berbasis video animasi pada materi menghindari gibah dan melaksankan tabayun
yang divalidasi oleh 2 orang ahli, yaitu ahli materi dengan nilai 92,3% (kategori
sangat valid) dan ahli media dengan nilai 69,23% (kategori valid). Untuk uji
praktikalitas diperoleh hasil dari siswa dengan nilai 81,22% (kategori praktis) dan
guru dengan nilai 93,33% (kategori sangat praktis).
Kata kunci: Media Pembelajaran, Video Animasi, Menghindari gibah dan
melaksanakan tabayun.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email musdalipa834@gmail.com |
Date Deposited: | 26 Aug 2024 02:41 |
Last Modified: | 26 Aug 2024 02:41 |
URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/9367 |
Actions (login required)
View Item |