YUSUF, HIJRAWATI (2024) ANALISIS KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI BERDASARKAN LATAR BELAKANG PENDIDIKAN DI TK MUTIARA BUNDA DESA BASSIANG. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.
Text
REPO.pdf Download (3MB) |
|
Text
PUSTAKA.pdf Download (455kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (231kB) |
Abstract
ABSTRAK
Hijrawati Yusuf, 2024. “Analisis kompetensi pedagogik guru PENDIDIKAN
ANAK USIA DINI berdasarkan latar belakang pendidikan di TK Mutiara
Bunda Desa Bassiang”. Skripsi Program studi Pendidikan Islam Anak Usia
Dini Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri
Palopo. Dibimbing oleh Fatmaridah Sabani dan Pertiwi Kamariah Hasis
Skripsi ini membahas mengenai Analisis kompetensi pedagogik guru
PENDIDIKAN ANAK USIA DINI berdasarkan latar belakang pendidikan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui latar belakang pendidikan guru.
Kompetensi pedagogik guru berdasarkan latar belakang, dan hambatan yang
dialami Guru saat mengajar berdas arkan latar belakang Pendidikan di TK
Mutiara Bunda Desa Bassiang. Guru adalah profesional, artinya tugasnya hanya
dapat dilakukan oleh mereka yang memenuhi standar untuk setiap jenis dan
derajat pendidikan, termasuk kualifikasi akademik, kompetensi, dan sertifikat
pendidikan.
Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian kualitatif.
pengumpulan data menggunakan teknik observasi,wawancara,dan dokumentasi.
Metode yang digunakan adalah observasi,wawancara,dan dokumentasi.subjek
penelitian adalah guru yang ada di Tk Mutiara Bunda Desa Bassiang. Adapun
analisis yang digunakan adalah Reduksi Data (Data Reduction), Penyajian data
(Display Data) dan Penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1). Pada guru kelompok A1 yang
mempunyai latar belakang pendidikan S1 bidang Pendidikan agama islam dan
memiliki kompetensi tambahan yaitu Pelatihan Peningkatan Wawasan Tentang
Pendidikan anak usia dini dan Bimbingan Teknis GEBRAK PENDIDIKAN
ANAK USIA DINI (Gerakan Transisi Pendidikan anak usia dini), Pada guru
kelompok A2 yang mempunyai latar belakang pendidikan S1 bidang Bahasa
Inggris dan belum pernah mengikuti pelatihan sama sekali. Pada guru kelompok B
yang yakni lulusan SMA dan kompetensi tambahan yaitu Pelatihan Peningkatan
Wawasan Tentang Pendidikan anak usia dini. 2). Adapun hambatan yang dialami
Guru saat mengajar berdasarkan latar belakang Pendidikan di TK Mutiara Bunda
Desa Bassiang meliputi Hambatan yang dihadapi guru dalam penguasaan materi,
Hambatan yang dihadapi guru dalam menggunakan alat peraga, Hambatan yang
dihadapi guru dalam menggunakan metode pengajaran yang tepat, Hambatan
yang dihadapi guru dalam mengelola kelas.
Semua guru di TK MUTIARA BUNDA desa bassiang memiliki standar
kompetensi pedagogik dalam upayanya meningkatkan hasil belajar peserta didik.
Kata Kunci: Kompetensi pedagogik, latar belakang pendidikan
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | Unnamed user with email musdalipa834@gmail.com |
Date Deposited: | 26 Aug 2024 02:49 |
Last Modified: | 26 Aug 2024 02:49 |
URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/9368 |
Actions (login required)
View Item |