ADDIS, MUHAMMAD (2024) PENGEMBANGAN MEDIA RODA KOTAK BERBASIS MULTIPLE INTELLIGENCES PADA TEMA 6 ENERGI DAN PERUBAHANNYA DI KELAS III SDN 100 SINGGASARI. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri palopo.
Text
ABSTRACK.pdf Download (82kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (127kB) |
|
Text
REPOSITORY.PDF Download (9MB) |
Abstract
ABSTRAK
Muhammad Addis, 2024. “Pengembangan Media Roda Kotak Berbasis Multiple
Intellegences pada Tema 6 Energi dan Perubaannya di Kelas III SDN 100
Singgasari” Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri
Palopo. Dibimbing oleh Edhy Rustan dan Ahmad Munawir.
Skripsi ini membahas mengenai penelitian pengembangan media roda
kotak berbasis Multiple Intelligences pada materi energi dan perubahannyadi kelas
III SDN 100 Singgasari. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Menganalisis
kebutuhan media roda kotak berbasis Multiple Intelligences, (2) mengetahui
tingkat validitas media roda kotak berbasis Multiple Intelligences pada materi
energi dan perubahannya, dan (3) mengetahui tingkat praktikalitas media roda
kotak berbasis Multiple Intelligences pada materi energi dan perubahannya yang
diuji cobakan.
Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan atau Research and
Development (R&D) dengan model pengembangan ASSURE yang terdiri atas 6
tahapan, yaitu Analyse Learner, State Objectives, Select Method, Media, or
Materials, Utilize Media or Materials, Require Learner Participation, and
Evaluate and Revise. Subjek penelitian ini merupakan peserta didik kelas III yang
berjumlah 33 orang, sedangkan objek penelitiannya adalah media roda kotak
berbasis multiple intelligences yang dikembangkan sesuai dengan kebutuhan
peserta didik. Untuk data dalam penelitian dikumpulkan melalui angket,
wawancara, dan tes kemudian dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif.
Penelitian ini menghasilkan produk berupa media roda kotak berbasis
multiple intelligences yang telah divalidasi oleh validator, yaitu validator materi
memperoleh persentase sebesar 75% (valid), validator desain 64% (valid), dan
validator bahasa 75% (valid), dengan nilai persentase rata-rata sebesr 71% (valid).
hasil uji kepraktisan peserta didik diperoleh dengan nilai sempurna yaitu 96%
(sangat praktis).
Kata kunci : Media Pembelajaran, Roda Kotak, Multiple Intelligences
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu sosial > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Unnamed user with email hajrahikhlas@gmail.com |
Date Deposited: | 28 Aug 2024 01:14 |
Last Modified: | 28 Aug 2024 01:14 |
URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/9376 |
Actions (login required)
View Item |