LUTHFI, MUHAMMAD (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN STUDY BOARD DALAM PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK PESERTA DIDIK KELAS XII MADRASAH ALIYAH BATUSITANDUK. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.
Text
ABSTRAK.pdf Download (118kB) |
|
Text
PUSTAKA.pdf Download (276kB) |
|
Text
REPO.pdf Download (9MB) |
Abstract
Muhammad Luthfi, 2024. “Pengembangan Media Pembelajaran Study Board
dalam Pembelajaran Akidah Akhlak Peserta Didik Kelas XII
Madrasah Aliyah Batusitanduk”. Skripsi Program Studi Pendidikan
Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama
Islam Negeri (IAIN) Palopo. Dibimbing oleh Dr. H. Alauddin, M.A.
dan Bungawati S.Pd., M.Pd.
Skripsi ini membahas tentang pengembangan media pembelajaran study
board pada mata pelajaran Akidah Akhlak dengan fokus pada materi Ragam
Sikap Terpuji di kelas XII Madrasah Aliyah Batusitanduk, yang memiliki
beberapa tujuan. Pertama, untuk mengetahui analisis kebutuhan pengembangan
media pembelajaran study board dalam pembelajaran akidah akhlak pada pesera
didik kelas XII di Madrasah Aliyah Batusitanduk. Kedua, untuk mengetahui
desain media pembelajaran study board dalam pembelajaran akidah akhlak pada
pesera didik kelas XII di Madrasah Aliyah Batusitanduk. Ketiga, untuk
mengetahui validitas produk pengembangan media pembelajaran study board
dalam pembelajaran akidah akhlak pada peserta didik kelas XII di Madrasah
Aliyah Batusitanduk. Keempat, Untuk mengetahui praktikalitas media
pembelajaran study board dalam pembelajaran akidah akhlak pada peserta didik
kelas XII di Madrasah Aliyah Batusitanduk.
Jenis penelitian ini yaitu R&D (Research and Development), dengan
model pengembangan ADDIE yang merupakan singakatan dari Analysis, Design,
Development, Implementation, dan Evaluation. Penelitian ini dilakukan di
Madrasah Aliyah Batusitanduk dengan subjek penelitian peserta didik kelas XII.
Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah
Observasi, wawancara dan angket. Untuk teknik analisis data yang digunakan
adalah teknik analisis data deskriptif kualitatif dan kuantitatif.
Hasil penelitian ini menghasilkan kategori sangat valid dari ketiga
validator ahli yaitu ahli media, materi dan bahasa. Aspek media memperoleh
87,5% kategori sangat valid, aspek materi memperoleh 100% kategori sangat
valid dan aspek bahasa memperoleh 85% ketegori sangat valid. Hasil dari validasi
gabungan dari ketiga validator ahli memperoleh 90,8% yang masuk dalam
kategori sangat valid. Sedangkan hasil yang diperoleh berdasarkan respon peserta
didik dalam tahap implementasi yaitu 91,67% (sangat valid) untuk tingkat
kevalidan dan 97,32% (sangat praktis) untuk tingkat kepraktisan.
Kata Kunci: Media Pembelajaran, Study Board, Akidah Aklak.
ABSTRACT
xxv
Muhammad Luthfi, 2024. “Development of Study Board Learning Media in
Akidah Akhlak Education for Grade XII Students Madrasah Aliyah
Batusitanduk”. Thesis, Islamic Education Program, Faculty of
Tarbiyah and Teacher Training, State Islamic Institute (IAIN) Palopo.
Supervised by Dr. H. Alauddin, M.A., and Bungawati S.Pd., M.Pd.
This thesis discusses the development of study board learning media in the
subject of Akidah Akhlak, focusing on the material of Virtuous Attitudes in Grade
XII at Madrasah Aliyah Batusitanduk, with several objectives. First, to analyze
the needs for developing study board learning media in Akidah Akhlak education
for Grade XII students at Madrasah Aliyah Batusitanduk. Second, to design study
board learning media in Akidah Akhlak education for Grade XII students at
Madrasah Aliyah Batusitanduk. Third, to assess the validity of the developed
study board learning media in Akidah Akhlak education for Grade XII students at
Madrasah Aliyah Batusitanduk. Fourth, to evaluate the practicality of study board
learning media in Akidah Akhlak education for Grade XII students at Madrasah
Aliyah Batusitanduk.
This research employs Research and Development (R&D) methodology,
utilizing the ADDIE development model, which stands for Analysis, Design,
Development, Implementation, and Evaluation. The study was conducted at
Madrasah Aliyah Batusitanduk with Grade XII students as the subjects. Data
collection techniques included observation, interviews, and questionnaires. Data
analysis utilized both qualitative and quantitative descriptive analysis techniques.
The results of this study indicate that the study board learning media
achieved a "very valid" rating from the three expert validators: media expert
(87.5%), subject matter expert (100%), and language expert (85%). The combined
validation result from all three experts reached 90.8%, classified as "very valid".
Meanwhile, based on student responses during the implementation phase, the
study board learning media scored 91.67% (very valid) for validity and 97.32%
(very practical) for practicality.
Keywords: Learning Media, Study Board, Akidah Akhlak.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 600 Teknologi, Ilmu Terapan > 658.57 Manajemen Riset dan Pengembangan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | S.Ag Ilda Azizah |
Date Deposited: | 30 Aug 2024 07:31 |
Last Modified: | 30 Aug 2024 07:31 |
URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/9390 |
Actions (login required)
View Item |