PROBLEMATIKA PENGGUNAAN BAHASA INDONESIA DI DAERAH TERPENCIL PADA SEKOLAH DASAR DI KECAMATAN RONGKONG LUWU UTARA

ADRIYANSYAH, ADRIYANSYAH (2024) PROBLEMATIKA PENGGUNAAN BAHASA INDONESIA DI DAERAH TERPENCIL PADA SEKOLAH DASAR DI KECAMATAN RONGKONG LUWU UTARA. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri palopo.

[thumbnail of ABSTRACK.pdf] Text
ABSTRACK.pdf

Download (83kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (138kB)
[thumbnail of REPOSITORY.pdf] Text
REPOSITORY.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK
Adriansyah, 2024. “Problematika Pembelajaran Bahasa Indonesia di Daerah
Terpencil: Studi Kasus di Sekolah Dasar Kecamatan Rongkong Luwu
Utara’. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Madarasah Ibtidaiyah
(PGMI) Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri
Palopo. Dibimbing oleh Firman dan Nurul Aswar.
Skripsi ini membahas tentang Problematika Pembelajaran Bahasa Indonesia
di sekolah dasar Kecamatan Rongkong. Penelitian ini bertujuan: untuk
mengidentifikasi dan memahami secara mendalam tantangan dan problematika
yang dihadapi dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di sekolah dasar di
Kecamatan Rongkong; untuk mengetahui pengaruh penggunaan bahasa daerah
terhadap pemahaman dan penguasaan siswa terhadap Bahasa Indonesia; untuk
memberi rekomendasi strategi dan metode pembelajaran yang efektif untuk
meningkatkan kualitas pembelajaran Bahasa Indonesia di sekolah dasar di
Kecamatan Rongkong, Luwu Utara.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian
studi kasus. Data dalam penelitian ini merujuk kepada informasi atau fakta yang
diperoleh dan dianalisis untuk memahami problematika pembelajaran Bahasa
Indonesia di daerah terpencil. Data ini diperoleh memalui wawancara semi
terstruktur, observasi nonpartisipatif, dan studi dokumentasi.
Hasil penelitian penelitian menunjukkan bahwa: Pembelajaran Bahasa
Indonesia di sekolah dasar di Kecamatan Rongkong, Luwu Utara, menghadapi
tantangan signifikan, terutama dominasi penggunaan bahasa daerah yang
menghambat siswa dalam menguasai Bahasa Indonesia secara efektif;
Penggunaan bahasa daerah sebagai bahasa pengantar dalam proses belajar
mengajar menimbulkan ketergantungan yang menghambat penguasaan Bahasa
Indonesia secara penuh; Diperlukan strategi pembelajaran untuk meningkatkan
kualitas pembelajaran Bahasa Indonesia. Pendekatan seperti peningkatan fasilitas
dan sumber daya, pengembangan materi pembelajaran yang relevan, peningkatan
kapasitas guru melalui pelatihan, serta kolaborasi yang lebih erat dengan orang
tua.
Kata kunci: Problematika, Pembelajaran Bahasa Indonesia, Daerah Terpencil,
Sekolah Dasar

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email hajrahikhlas@gmail.com
Date Deposited: 13 Sep 2024 08:06
Last Modified: 13 Sep 2024 08:06
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/9405

Actions (login required)

View Item View Item