PENINGKATAN KEMAMPUAN BERHITUNG MELALUI PERMAINAN BALOK ANGKA KELOMPOK B DI TK TERPADU BABUSSALAM KOTA PALOPO

HASMITA, HASMITA (2022) PENINGKATAN KEMAMPUAN BERHITUNG MELALUI PERMAINAN BALOK ANGKA KELOMPOK B DI TK TERPADU BABUSSALAM KOTA PALOPO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri palopo.

[thumbnail of ABSTRACK.pdf] Text
ABSTRACK.pdf

Download (96kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (142kB)
[thumbnail of REPOSITORY.pdf] Text
REPOSITORY.pdf

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK
HASMITA, 2022.“Peningkatan Kemampuan Berhitung melalui Permainan
Balok Angka kelompok B di TK Terpadu Babussalam Kota
Palopo”. ”, Skripsi Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia
Dini Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam
Negeri Palopo. Dibimbing oleh Bapak Nurdin.K dan Ibu Nur
Rahmah.
Skripsi ini membahas tentang bagaimana peningkatan berhitung anak
didik dalam bidang peningkatan kemampuan berhitung melalui permainan balok
angka pada anak didik kelompok B. Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya
kendala yang dihadapi dalam proses kegiatan pembelajaran di TK Terpadu
Babussalam Kota Palopo yaitu tingkat berhitung anak masih rendah dapat dilihat
dengan anak yang belum mampu berhitung dengan baik menggunakan balok
angka.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan
berhitung anak usia dini melalui permainan balok angka di TK Terpadu
Babussalam Kota Palopo tahun ajaran 2021/2022 semester genap. Jenis penelitian
ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilakukan sebanyak 2 siklus
terdiri dari 4 kali pertemuan dari setiap siklusnya. Subjek dari penelitian ini adalah
anak didik Kelompok B TK Terpadu Babussalam Kota Palopo yang terdiri dari 9
siswa, terdiri dari 4 anak perempuan dan 5 anak laki – laki. Pengumpulan data
dilakukan dengan lembar observasi dalam proses pembelajaran, yakni untuk
mengetahui peningkatan kemampuan berhitung anak didik.
Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berhitung anak antara pra
siklus, siklus I dan siklus II mengalami peningkatan di setiap siklusnya,
Kemampuan awal anak didik sebelum dilakukan tindakan atau dalam tahap pra
siklus yaitu terdapat 6 anak dalam kategori mulai berkembang (MB) dengan
pesrsentase 67% dan sebanyak 3 anak dengan persentase 33%% dalam kategori
berkembang sesuai harapan (BSH). Kemudia pada siklus I dicapai hasil dimana
terdapat 8 anak berkembang sesuai harapan (BSH) dengan persentase 89% dan 1
anak dalam kategori berkembang sangat baik (BSB) dengan persentase 11%. Pada
siklus II dimana semua anak sudah mencapai kategori berkembang sangat baik
(BSB) dengan persentase 100%. Sehingga disimpulkan bahwa penggunaan
permainan media balok angka dapat meningkatkan kemampuan berhitung anak.
Kata kunci : peningkatan kemampuan berhitung anak melalui permainan balok
angka

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Unnamed user with email hajrahikhlas@gmail.com
Date Deposited: 30 Sep 2024 07:06
Last Modified: 30 Sep 2024 07:06
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/9417

Actions (login required)

View Item View Item