HIKMA, NURUL (2024) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BERBASIS QUANTUM TEACHING PADA PEMBELAJARAN PAI MATERI BEKERJA KERAS DAN TANGGUNG JAWAB DI KELAS XII SMA NEGERI 17 LUWU. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri palopo.
Text
ABSTRACK.pdf Download (105kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (116kB) |
|
Text
REPOSITORY.PDF Download (14MB) |
Abstract
ABSTRAK
Nurul Hikma, 2024 “Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Quantum
Teaching pada Pembelajaran PAI Materi Bekerja Keras dan
Tanggung Jawab di Kelas XII SMA Negeri 17 Luwu”. Skripsi
Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu
Keguruan Institut Agama Islam Negeri Palopo. Dibimbing Oleh
Muhaemin dan Arifuddin.
Skripsi ini membahas mengenai Pengembangan Modul Pembelajaran
Berbasis Quantum Teaching pada Pembelajaran PAI Materi Bekerja Keras dan
Tanggung Jawab di Kelas XII SMA Negeri 17 Luwu. Penelitian ini bertujuan
untuk : (1) Mengetahui kebutuhan pengembangan modul Pembelajaran Berbasis
Quantum Teaching pada Pembelajaran PAI Materi Bekerja Keras dan Tanggung
Jawab (2) Mengetahui tingkat validitas pengembangan modul Pembelajaran
Berbasis Quantum Teaching pada Pembelajaran PAI Materi Bekerja Keras dan
Tanggung Jawab (3) Mengetahui tingkat praktikalitas pengembangan modul
Pembelajaran Berbasis Quantum Teaching pada Pembelajaran PAI Materi Bekerja
Keras dan Tanggung Jawab yang diuji cobakan.
Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan Research and
development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE. Model
pengembangan ADDIE terdiri atas 5 tahapan yaitu: tahap analisis, desain,
development, implementasi, dan tahap evaluasi. Penelitian ini dilaksanakan pada
tahun 2024 dengan melibatkan 25 peserta didik kelas XII SMA Negeri 17 Luwu.
Sedangkan objek penelitiannya adalah media pembelajaran modul berbasis
quantum teaching yang dikembangakn sesuai dengan kebutuhan peserta didik.
Data penelitian ini dikumpulkan melalui angket, wawancara, dokumentasi
kemudian dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif.
Hasil penelitian ini menyatakan: 1) Hasil yang diperoleh dari analisis
kebutuhan terhadap pendidik diperoleh nilai rata-rata 100% dengan kategori
sangat dibutuhkan dan analisis kebutuhan yang dilakukan kepada peserta didik
dari yang menjawab pertanyaan dengan jawaban “Ya” diperoleh nilai rata-rata
94% dengan kategori sebagian besar dibutuhkan dan jawaban “Tidak” diperoleh
nilai rata-rata 15% dengan kategori sebagian kecilnya dibutuhkan. 2) Hasil
validitas modul pembelajaran berbasis quantum teaching yang telah divalidasi
dengan kategori diantaranya ahli media mendapatkan nilai persentase 93,33%
dengan kategori valid. Sedangkan ahli materi mendapatkan nilai prtsentase
91,25% dengan kategori sangat valid. 3) Hasil yang sangat memuaskan dan positif
dengan nilai akhir yang diperoleh dari hasil uji praktikalitas peserta didik sebesar
82,84% dengan kategori sangat praktis dan pendidik kelas dengan nilai yang
diperoleh dari hasil uji praktikalitas sebesar 95% dengan kategori sangat praktis.
Kata Kunci: Pengembangan, Modul, Quantum Teaching, Bekerja Keras dan
Tanggung Jawab.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email hajrahikhlas@gmail.com |
Date Deposited: | 30 Sep 2024 07:12 |
Last Modified: | 30 Sep 2024 07:12 |
URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/9418 |
Actions (login required)
View Item |