EFEKTIVITAS PENGGUNAAN ALAT PERAGA PAPAN STATISTIKA (PANTIK) PADA MATERI MEDIAN MODUS DAN MEAN TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA KELAS VIII MTS AL-KHAERIYAH MURANTE

MALA, EVITA (2024) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN ALAT PERAGA PAPAN STATISTIKA (PANTIK) PADA MATERI MEDIAN MODUS DAN MEAN TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA KELAS VIII MTS AL-KHAERIYAH MURANTE. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri palopo.

[thumbnail of ABSTRACK.pdf] Text
ABSTRACK.pdf

Download (90kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (147kB)
[thumbnail of REPOSITORY.pdf] Text
REPOSITORY.pdf

Download (16MB)

Abstract

xxi
ABSTRAK
Evita Mala, 2024. “Efektivitas Penggunaan Alat Peraga Papan Statistika
(Pantik) Pada Materi Median, Modus, dan Mean Terhadap Minat Belajar
Siswa Kelas VIII MTs AI-Kheriyah Murante”, Skripsi Program Studi
Pendidikan Matematika Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut
Agama Islam Negeri Palopo. dibimbing oleh Rosdiana dan Alia Lestari.
Skripsi ini membahas tentang efektivitas penggunaan alat peraga papan
statistika (pantik) pada materi Median, Modus, dan Mean terhadap minat belajar
siswa kelas VIII MTs AI-Kheriyah Murante. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui aktivitas siswa yang memperoleh pembelajaran dengan menggunakan
alat peraga papan statistika, mengetahui minat belajar siswa yang diajar tanpa
menggunakan alat peraga papan statistika dan minat belajar siswa yang diajar
dengan menggunakan alat peraga papan statistika serta efektivitas penggunaan
alat peraga papan statistika terhadap minat belajar siswa.
Penelitian ini menggunakan desain penelitian true eksperiment dengan tipe
pre-test and post-test control group design. Populasi pada penelitian ini terdiri
dari 2 kelas dengan masing-masing kelas terdiri dari 18 siswa. Teknik
pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah sampel jenuh, dengan jumlah
sampel 36 siswa. data diperoleh melalui observasi dan angket. Kemudian data
dianalisis menggunakan statistika deskriptif dan statistika inferensial.
Hasil penelitian menunjukan bahwa observasi aktivitas siswa selama
proses pembelajaran menggunakan alat peraga papan statistika diperoleh nilai
88,8% dengan kategori sangat baik. Selanjutnya minat belajar siswa yang diajar
tanpa menggunakan alat peraga papan statistika memperoleh nilai rata-rata
58,72% berada pada kategori cukup dan nilai rata-rata minat belajar siswa yang
menggunakan alat peraga papan statistika 73,72% berada pada kategori tinggi.
Berdasarkan hasil uji hipotesis diperoleh nilai rata-rata post-test kelas eksperimen
lebih besar dari nilai rata-rata post-test kelas kontrol. Dengan demikian
penggunaan alat peraga papan statistika efektif untuk meningkatkan minat belajar
siswa.
Kata Kunci : Efektivitas, Alat Peraga Papan statistika, Minat Belajar

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Unnamed user with email hajrahikhlas@gmail.com
Date Deposited: 30 Sep 2024 07:20
Last Modified: 30 Sep 2024 07:20
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/9419

Actions (login required)

View Item View Item